Cara membaca halaman situs yang sudah hilang atau dihapus

Saya yakin anda pernah mengalami dimana pada hasil pencarian Google link yang anda klik gagal membuka halamannya, ini bisa antara websitenya sedang error atau memang sudah dihapus. Kasus lainnya adalah anda mengklik url dari suatu blog atau forum dan sama saja muncul error 404 not found. Wah… padahal kita membutuhkan konten tersebut.

Walaupun kita dapat dengan mudah menggunakan Google Web Cache tapi ini kalau ada pada hasil pencarian urlnya, sedangkan Internet Archive belum tentu menyimpan halaman situs tersebut. Nah… anda bisa mencoba CachedView yang mempermudah kita mengakses isi dari Google Web Cache, Coral Web Cache, dan Archive.org Cache untuk alamat website yang anda masukkan. Sedangkan Live version untuk mengakses versi aslinya atau yang sedang online saat ini.

cachedview

Tinggal anda isikan urlnya dan kemudian pilih salah satu dari beberapa opsi cache yang ada. Saya anjurkan untuk mencoba milik Google dahulu baru mencoba yang lainnya.

google-web-cache-utekno

Bedanya kalau Google hanya menyimpan cache terbaru atau terakhirnya, di Archive.org akan disimpan keadaannya setiap beberapa waktu jadi anda bisa melihat riwayat perubahan konten halaman tersebut kalau menginginkannya.

Secara keseluruhan kemampuan kita dapat mengecek isi halaman yang sudah lenyap atau dihapus berfungsi untuk mendapatkan informasi yang sudah tidak ada lagi atau diakses dengan mudah.

Semoga bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “Cara membaca halaman situs yang sudah hilang atau dihapus”

Tulis komentar...