Cara membatasi jumlah CPU dan RAM di Windows

Tahukah anda kita bisa membatasi berapa jumlah (core) prosesor dan memori yang bisa digunakan oleh Windows? Hal ini baru saja saya ketahui setelah sekian lama menggunakan sistem operasi ini, itupun secara tidak sengaja saat ingin memperbaiki Windows 7 64-bit yang tidak bisa memakai RAM lebih dari 4GB. Kabarnya masalah ini lebih sering muncul setelah melakukan upgrade versi Windows, misal Windows Vista ke Windows 7.

Kalau anda memang ingin membatasi CPU dan RAM maka bisa melakukannya dengan menjalankan System Configuration terlebih dahulu, jalankan run command (Windows+R) dan ketikkan msconfig.
windows-7-run-msconfig

Setelah itu pindahkan ke tab Boot, dan klik Advanced options.
windows-7-system-configuration-boot-advanced-options
Ada 2 opsi yang bisa dipakai untuk memberi limit:

  1. Berikan centang pada Number of processors, kemudian isikan angkanya berapa jumlah (inti) prosesor yang bisa digunakan.
  2. Berikan centang pada Maximum memory, selanjutnya masukkan berapa MB (Mega Byte) yang bisa dipakai Windows. 1GB = 1024MB.

Kalau sudah klik OK dan restart komputer, maka Windows selanjutnya akan memakai setting baru tersebut dan lebih terbatas performanya. Sampai sekarang pun saya kurang bisa memikirkan contoh kasus seperti apa yang membutuhkan fitur ini.

Tulis komentar...