Cara membeli nama domain di Domain.com

Membeli nama domain seringkali kita menemukan yang paling murah ada pada provider di luar negeri atau internasional. Salah satunya adalah Domain.com yang cukup sering memberikan promo dan kupon diskon untuk pembelian domain baru dengan ekstensi tertentu. Jika anda ingin menggunakan jasa mereka maka bisa mengikuti panduan berikut.

Silahkan anda akses situs Domain.com, kemudian pada kotak pencarian yang sudah disediakan isikan kata kunci atau nama domain yang diinginkan, selanjutnya klik Search.

domain-com-search

Akan muncul hasil pencarian nama domain yang tersedia berdasarkan keyword yang anda masukkan tadi, kalau warnanya hijau berarti bisa dibeli, sedangkan merah berarti sudah ada pemiliknya. Saya sarankan untuk menghilangkan centang pada “Add Domain Privacy to selected domains for $8.99 per year”, harganya cukup mahal dan belum tentu fungsinya berguna untuk anda. Whois Privacy berfungsi untuk menyembunyikan data pemilik nama domain.

domain-com-search-results

Silahkan klik tombol Add untuk memasukkannya dalam keranjang belanja (shopping cart), jika anda hanya ingin membeli satu buah domain saja maka pada kanan bawah klik pada Checkout.

Langkah selanjutnya adalah menentukan tambahan layanan apa yang bisa dipasangkan pada domain tersebut, geser kebawah untuk melihat daftar lengkapnya. Walau ada beberapa layanan tambahan yang mungkin berguna tapi saya rekomendasikan untuk tidak membeli apapun selain domain disini. Pilih juga opsi “No thanks, I am not interested in a full-featured hosting plan at this time”, kecuali anda memang ingin sekaligus membeli paket hosting dari Domain.com.

domain-com-confirm-selection

Proses terakhir adalah informasi penagihan (Billing Info), jika anda memiliki kupon atau voucher untuk pembelian domain maka silahkan masukkan pada kotak yang tersedia. Disini saya sekalian memakai kode COMSALE untuk memotong harga domain dengan TLD .com dari $9.99 menjadi $0.89, sungguh penghematan yang luar biasa bukan. Masa berlaku kode kupon ini terbatas, jadi besar kemungkinan saat anda berusaha memakainya sudah expired atau tidak aktif lagi.

domain-com-billing-info

Nanti dibawahnya anda akan diminta memasukkan info kontak untuk sekaligus didaftarkan akun Domain.com untuk anda, kemudian pilih jenis pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal. Silahkan lunasi tagihan pembayarannya dan sekarang anda sudah berhasil membeli nama domain impian anda di Domain.com. 🙂

Tulis komentar...