Cara membersihkan History di Google Chrome

Setiap kali kita mengakses website maka Google Chrome akan mencatat dan menyimpan riwayatnya, ini bertujuan untuk membantu kita menemukan kembali situs yang dibutuhkan tapi lupa alamat lengkapnya atau memberikan akses cepat mengenali kebiasaan browsing kita juga website favorit yang sering dibuka. Tapi kadang kita tidak ingin kebiasaan dalam penggunaan internet kita diketahui orang lain, bukan ada yang harus dirahasiakan cuma masalah privasi saja.

Kalau anda tidak ingin aktivitas online terlacak dan tersimpan dalam browser maka di Chrome sebenarnya ada Incognito mode (di Firefox bernama Private window) yang bisa digunakan untuk browsing tanpa perlu khawatir masalah privasi karena bila ditutup maka akan langsung hilang semua datanya seperti tidak pernah ada. Anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol Ctrl+Shift+N

Nah… apabila sudah terlanjur dan sekarang anda ingin menghapus bersih riwayat browsing di Google Chrome maka ada cara cepat dan mudahnya untuk segera melakukan itu. Silahkan tekan saja tombol Ctrl+Shift+Delete dan akan langsung muncul jendela Clear browsing data.

google-chrome-clear-browsing-data

Cara ini lebih cepat dibandingkan harus membuka History (Ctrl+H) dan baru memilih “Clear browsing data…”, atau sedikit lebih cepat lagi kalau anda langsung memasukkan alamat berikut: chrome://settings/clearBrowserData.

Pada pembersihan data browsing Chrome ada beberapa opsi yang akan menentukan bagian mana saja yang dihapus. Dimulai mulai kapan data yang tersimpan akan dihapus (Obliterate the following items from:), pilihannya dari: the past hour (satu jam terakhir), the past day (satu hari terakhir), the past week (satu minggu terakhir), last 4 weeks (4 minggu terakhir), atau the beginning of time (sejak awal, kalau ini akan dibersihkan semuanya seperti baru lagi).

Sedangkan opsi berikutnya akan menentukan apa saja yang akan dihapus:

  • Download history (Riwayat download file)
  • Cookies and other site and plug-in data (Kuki dan data plugin)
  • Cached images and files (File dan gambar yang disimpan dalam cache browser)
  • Passwords (Password yang disimpan di Chrome)
  • Autofill form data (Data pengisian form otomatis)
  • Hosted app data (Data aplikasi web)
  • Content licenses (Lisensi konten)

Silahkan beri atau hilang centang pada setiap opsi yang ingin dibersihkan. Jika sudah yakin maka klik saja Clear browsing data dan history browsing anda akan lenyap sesuai dengan keinginan anda.

Tulis komentar...