Cara membuat backup database MySQL di cPanel

Database merupakan salah satu komponen penting dalam website, apalagi kalau anda membuat sebuah situs dengan memanfaatkan CMS (WordPress, Joomla, Drupal) maka pasti menggunakan sebuah database MySQL. Sedangkan backup adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pemilik atau pengelola situs. Kalau anda menggunakan fitur backup di cPanel maka yang seluruh file dan database akan dibuatkan cadangannya, bagaimana kalau anda membutuhkan databasenya saja?

Caranya sama mudahnya kok, silahkan akses cPanel dari web hosting situs anda dan kemudian geser ke bagian Databases dan klik phpMyAdmin untuk mengakses database MySQL yang terdapat dalam akun hosting cPanel anda.
cpanel-databases
Pada halaman manajemen database phpMyAdmin ini silahkan akses menu Export.
cpanel-phpmyadmin-export-database
Akan ada 2 opsi:

  • Quick – display only the minimal options : Ini akan membuat backup seluruh database yang ada dalam akun cPanel anda. Pilihannya hanya ada format backupnya saja, dan defaultnya adalah SQL.
  • Custom – display all possible options : Anda bisa memilih database mana saja yang akan dibackup, dan beberapa setting tingkat lanjut lainnya. Jarang sekali kita perlu mengubah opsi – opsi defaultnya.

Bila sudah langsung saja klik Go dibagian akhir halaman, dan nanti anda akan mendownload sebuah file SQL yang berisi semua data yang ingin anda backup.

Untuk memulihkan database MySQL anda tinggal menggunakan menu Import dan upload saja file backup yang telah anda buat tadi.

Tentu saja kalau anda secara manual membuat backup tidak ada masalah cuma tinggal anda ingat atau tidak, kalau mau anda bisa membuat penjadwalan untuk backup database MySQL otomatis.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...