Cara membuat blog di Blogger

Blogger merupakan salah satu produk dari Google untuk menuliskan cerita, pengalaman, kreativitas, pengetahuan dan pendapat. Populernya disebut blog. Semua fasilitas ini disediakan gratis asalkan anda memiliki akun Google, bahkan anda bisa mendapatkan uang kalau mengaktifkan opsi monetisasinya. Tentu berapa yang didapatkan tergantung kesuksesan anda, tapi semoga berhasil!

blogger-logo

Blogging adalah langkah awal membuat jati diri di internet dan menyuarakan opini pribadi, terlepas apa tema blog anda nantinya. Kalau anda belum memiliki Google Account silahkan mendaftar dahulu, bila sudah akses saja website Blogger.com. Jika ini pertama kali anda mengakses Blogger ada kemungkinan ditanya menggunakan profil Google+ atau Blogger untuk ngeblog-nya.

blogger- confirm-your-profile

Disini saya memilih menggunakan profil Blogger yang memperbolehkan menggunakan nama samaran (pseudonym), kemudian klik Continue to Blogger.

blogger-you-will-be-seen-as

Membuat blog baru di Blogger

Halaman dashboard dari akun Blogger anda akan terbuka, untuk membuat sebuah blog baru klik saja tombol New Blog.

blogger-dashboard

  1. Beri judul blog anda di kotak Title.
  2. Tentukan alamat blog anda di kotak Address. Semua blog di Blogger akan menggunakan subdomain dari blogspot.com, yang nantinya bisa anda ubah ke TLD (Top Level Domain seperti .com, .net, .org) atau ccTLD (country code Top Level Domain seperti .web.id, .co.id, .us, .me) menggunakan fitur custom domain Blogger.
  3. Terakhir pilih juga template Blogger yang anda inginkan, yang nantinya bisa anda edit sendiri tampilannya.
  4. Klik Create blog! untuk membuat blog dengan konfigurasi yang anda tentukan.

blogger-create-a-new-blog

Blog telah berhasil dibuat dan anda akan dikembalikan ke halaman dashboard Blogger. Disini anda bisa segera membuat posting pertama blog anda atau melihat – lihat dulu statistik blog anda di bagian Overview.

blogger-blog-list

Saya sarankan untuk melihat – lihat dulu apa saja fitur yang ditawarkan oleh Blogger untuk kegiatan ngeblog anda, lebih baik familiar dulu dengan cara kerjanya. Kalau sudah yakin segera saja tulis posting pertama di blog anda.

Jangan lupa anda bisa membuat lebih dari 1 blog dalam Blogger, jadi anda bisa membuat berbagai topik dalam blog yang berbeda. Ini juga saya sarankan agar tidak tercampur menjadi 1 topik – topik yang tidak berhubungan.

Tulis komentar...