Cara membuat filter email di Yahoo

Oke, sekarang kita telah belajar membuat folder dan memindahkan email untuk mengkategorikan setiap email yang masuk di Yahoo Mail. Tapi ini cara manual yang membuat kita repot dan capek kalau dilakukan satu per satu, apalagi kalau ada ribuan bisa keriting jari kita. Sekarang mari kita tinggalkan cara lama dan beralih ke cara baru yang lebih modern dan serba otomatis yaitu dengan membuat filter.

Filter email di Yahoo akan menyaring seluruh email yang ada dalam inbox atau email yang masuk, apa yang terjadi setelahnya tergantung aturan yang telah anda buat sebelumnya. Contohnya misal ada email dari Kaskus.co.id bahwa ada orang yang membalas lapak jualan anda di FJB (Forum Jual Beli) ataupun PM (Private Message) untuk menawar harga, jelas jangan sampai tertutupi email – email lain yang tidak penting, maka dari itu sebaiknya langsung dipisahkan menuju foldernya sendiri dan dengan mudah kita dapat melihat adanya email baru didalamnya. Sungguh berguna bukan?

Bagaimana cara membuat dan menggunakan filter email di Yahoo? Langsung saja buka inbox Yahoo Mail anda dan kemudian klik icon gear yang bertuliskan Help dan klik Settings.
yahoo-mail-help-menu
Setelah itu akan muncul jendela popup Settings, segera buka Filters. Saat ini semestinya masih kosong. Klik tombol Add untuk menambahkan aturan filter baru.
yahoo-mail-settings-filters

Kemudian beri nama filter tersebut, saya anjurkan yang menjelaskan fungsinya atau minimal adalah nama situsnya. Nah… selanjutnya akan saya jelaskan masing – masing kondisi filternya. Harap ingat semuanya adalah aturan yang dijalankan saat ada pesan masuk ke alamat email anda.
yahoo-mail-add-a-new-filter
Ada 4 kondisi yang bisa dimanfaatkan:

  1. From – Asal pesan tersebut.
  2. To/CC – Kepada siapa email tersebut dikirimkan. CC (Carbon Copy) bisa anda baca penjelasannya disini.
  3. Subject – Judul email tersebut.
  4. Body – Isi pesan yang masuk.

Juga ada 4 aturan yang bisa digunakan:

  1. contains – Bila pesan yang masuk berisi teks yang anda isikan.
  2. does not contains – Jika email tersebut tidak berisi teks yang anda inginkan.
  3. begins with – Pesan yang masuk diawali tulisan yang anda tentukan.
  4. ends with – Email tersebut diakhiri oleh teks yang dipersyaratkan.

Silahkan anda kombinasikan kondisi dan aturan diatas untuk membuat filter yang sesuai dengan kebutuhan anda. Contohnya untuk memfilter email dari Kaskus isikan pada From dengan kaskus, Match case jangan dicentang dan tentu saja pilih aturan contains. Klik Save dan selesai sudah prosesnya. Setelah ini setiap pesan dari kaskus akan otomatis disaring dan diurus berdasarkan aturan yang anda buat.

Tulis komentar...