Cara membuat screenshot thumbnail video menggunakan Media Player Classic

Ingin memperlihatkan video ke teman anda tapi belum tentu dia tertarik? Daripada repot – repot membawa video berukuran besar kemana – mana ataupun mengirimkan video melalui internet yang bisa menghabiskan bandwidth dan juga membutuhkan waktu yang lama, maka lebih baik berikan saja sinopsis video dan screenshot video tersebut dalam bentuk thumbnail yang mencakup seluruh durasi waktu video.

Saya yakin anda pernah melihat jenis screenshot video seperti ini yang berisikan tabel gambar thumbnail dalam video, apalagi bagi anda yang sering mendownload video. Kegunaan screenshot ini selain melihat secara sekilas adegan apa saja juga untuk mengetahui bagaimana kualitas videonya. Cara membuatnya cukup mudah sebenarnya, apalagi di Media Player Classic sudah disediakan fitur ini secara terintegrasi, mainkan saja video apapun dengan MPC kemudian buka menu File dan pilih Save Thumbnails….
media-player-classic-file-save-thumbnails

Akan terbuka jendela Save As…, tentukan nama, format gambar (JPG, PNG dan BMP) dan lokasi penyimpanan screenshot thumbnail video. Anda juga bisa mengubah setting berapa baris dan kolom gambar thumbnail yang dibuat beserta ukurannya disini. Klik Save kalau sudah yakin terhadap konfigurasi yang anda tentukan.
media-player-classic-thumbnails-save-as

Video akan diputar dengan sangat cepat oleh Media Player Classic, ini merupakan proses membuat screenshot dalam durasi waktu tertentu. Setelahnya anda akan menemukan sebuah file gambar berisi thumbnail video tadi.
media-player-classic-video-thumbnails
Selesai sudah proses membuat screenshot video secara tabel thumbnail. Kalau video ini merupakan hasil karya anda sendiri, maka anda bisa mengirimkan screenshotnya atau memamerkannya melalui situs media sosial.

Tulis komentar...