Cara membuat wallet Bitcoin di Blockchain

Untuk memulai mendapatkan atau mengirimkan uang di Bitcoin (BTC) anda wajib memiliki sebuah wallet (dompet), cara membuatnya bisa secara offline dengan software atau online seperti Coinbase atau Blockchain yang akan saya bahas sekarang. Keunggulan membuat wallet Bitcoin dengan Blockchain (atau online wallet pada umumnya) adalah kecepatan menciptakan alamat Bitcoin dan transaksinya, sedangkan kalau secara offline anda harus mengupdate data blockchain terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan, ini yang memakan waktu lama.

Blockchain.info sebenarnya adalah website yang melacak informasi transaksi Bitcoin (Bitcoin Blockchain Explorer) yang terjadi diseluruh dunia, karena walaupun setiap transaksi bersifat anonim tapi masih perlu disebarkan ke seluruhnya untuk diakui valid. Tapi di Blockchain sendiri juga disediakan fasilitas membuat dompet Bitcoin, langsung saja akses halaman utama situs Blockchain dan kemudian klik Wallet.
blockchain
Pada halaman wallet klik “Start a New Wallet” atau “Create My Free Wallet” keduanya sama saja fungsinya.
blockchain-wallet
Halaman pembuatan dompet Bitcoin akan terbuka dan isikan alamat email, password yang diinginkan dan isikan CAPTCHA, kemudian klik Continue.
blockchain-create-a-new-wallet
Selanjutnya akan muncul jendela popup yang menginformasikan bawah anda telah berhasil membuat wallet Bitcoin, dan dibawahnya akan diberikan sebuah kata – kata untuk mengembalikan password anda kalau lupa, catat atau cetak dan jangan sampai diketahui orang lain karena nanti bisa dibobol dompet Bitcoin anda. Klik Continue untuk masuk ke halaman informasi wallet yang baru saja dibuat.
blockchain-wallet-recovery-mnemonic
Anda akan diharapkan mengisikan detail login untuk akun Blockchain yang baru saja anda buat, biarkan saja identifier dan langsung isikan saja passwordnya, kemudian klik Open Wallet untuk membuka dompet Bitcoin anda.
blockchain-open-wallet
Halaman My Wallet akan terbuka, disini anda bisa melihat informasi mengenai dompet Bitcoin anda mulai dari saldo, data transaksi, alamat dompet Bitcoin anda dan masih banyak lagi.
blockchain-my-wallet
Sekarang anda sudah mulai bisa ikut berpartisipasi dalam pasar mata uang Bitcoin, mungkin anda tertarik dalam berinvestasi atau hanya ingin memantaunya saja. Yang jelas hati – hati dalam bertransaksi menggunakan Bitcoin karena sekali dikirim tidak bisa dibatalkan.

Tulis komentar...