Cara membuka Folder Options

Untuk mengatur bagaimana tampilan folder dan file di Windows Explorer anda membutuhkan Folder Options, anda akan menemukan berbagai macam setting untuk mengubah tampilan, informasi tambahan dan perilaku folder dan file cukup dengan mengganti opsi yang aktif.

Folder Options paling sering digunakan untuk menampilkan folder dan file yang disembunyikan (hidden) biasa sampai yang super hidden, ini biasanya dilakukan oleh virus atau orang yang ingin merahasiakannya. Memunculkan ekstensi dari file juga hal yang bisa dilaksanakan dari sini.

windows-7-folder-options

Cukup sudah penjelasan fungsi Folder Options, akan lebih baik lagi kalau anda mempelajarinya sendiri. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memanggil Folder Options, silahkan anda pilih yang termudah menurut anda.

Mengakses Folder Options melewati Control Panel

Ini cara yang pasti bisa dilakukan, buka Control Panel dan cari Folder Options. Sudah, itu saja.
control-panel-folder-options

Membuka Folder Options melalui Windows Explorer

Pada Windows Explorer ada 2 metode yang bisa dipakai:

  1. Pertama adalah perhatikan toolbar dan klik di Organize, kemudian klik lagi di Folder and search options.windows-explorer-organize-folder-search-options
  2. Kedua adalah (tergantung jenis Windows) melalui menu Tools > Folder Options. Kalau toolbarnya tidak muncul maka tekan tombol Alt.windows-explorer-tools-folder-options

Konfigurasi yang pasti saya lakukan adalah menampilkan file hidden dan ekstensi file, ini untuk meningkatkan keamanan Windows agar tidak ada file berbahaya yang tidak terlihat dan mudah membedakan antara format file.

Tulis komentar...