Cara memindahkan tab Firefox Browser

Last Updated on Januari 9, 2021

Browser pada umumnya meletakkan navigasinya di posisi atas aplikasi, jadi mengisikan alamat website dan halaman tabnya bisa dikatakan terbiasa pada lokasi defaultnya. Tapi semuanya berubah dengan update Firefox Browser untuk Android, yang meletakkannya di bagian bawah aplikasi.

Kalau pada install pertama kali sebenarnya sudah ditanyakan apakah posisi toolbar mau di atas atau di bawah, tapi sudah biasa kalau orang melewati halaman quickstart ini. Hehe. 😀 Jadi kita perlu mengaturnya sendiri secara manual di handphone/tabletnya.

Cara memindahkan tab Firefox Browser

  1. Buka menu dengan tap 3 titik di pojok kanan tab Firefox.
  2. <li>Akses <strong>Settings/Setelan</strong> di daftarnya.</li>
    
    <li>Kemudian tap <strong>Customize/Ubahsuai</strong>.
    

    <li>Langsung saja pada opsi <strong>Toolbar/Bilah alat</strong> pilih posisinya mau di <strong>Atas/Top</strong> atau di <strong>Bawah/Bottom</strong>.</li>
    
    <li>Selesai.</li></ol>
    

    Tambahan saja, kalau diperhatikan sebenarnya lebih mudah dan cepat navigasi aplikasi browser kalau tombol-tombolnya ada di bawah. Bayangkan saja, tangan/jari kita pasti mayoritas pegang hp atau tablet dari tengah ke bawah. Jadi ga perlu repot-repot sengaja geser tangan ke atas hp untuk ngapa-ngapain. Apalagi kalau terbiasa satu tangan. Dulu Chrome Android saya setting begitu, sayangnya opsi ini dihilangkan setelahnya.

    Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...