Cara memindahkan website di cPanel

Sejalan dengan waktu maka website kita akan semakin berkembang dan kadang hosting yang kita gunakan sudah tidak mampu lagi melayani pengunjung. Ini menandakan antara kita upgrade paket hostingnya ke yang lebih baik atau sekalian saja minggat pindah dari tempat lama ke tempat yang baru.

Kadang web hosting baru bisa menjadi solusi karena mereka menggunakan spesifikasi server berbeda dan software server yang berbeda juga (Apache ke LiteSpeed). Jadi walau harganya dan fitur hosting kurang lebih sama tapi kemampuannya bisa berbeda, bantuan dan sikap dari tim support web hosting juga bisa menjadi pertimbangan – jangan sampai saat ada masalah kita ditelantarkan.

Apapun masalahnya tentu anda ingin tahu cara cepat mentransfer semua file ke hosting baru kan? Karena umumnya shared hosting memakai cPanel maka akan saya ajarkan secara singkat. Langsung saja login ke akun cPanel dari website anda.

Setelah itu pada kotak Files buka Backups, nanti kita manfaatkan fitur membuat cadangan data website cPanel.
cpanel-files
Nanti anda akan menemukan opsi Full Backup, klik saja tombol “Download or Generate a Full Website Backup”.
cpanel-full-backup
Pada Backup Destination ubah pilihannya dari Home Directory menjadi Remote FTP Server, masukkan alamat IP kemudian username dan password dari akun FTP dari tempat hosting baru anda dan klik Generate Backup.

cpanel-full-backup-remote-ftp-server

Silahkan tunggu proses pembuatan backup seluruh file dan database website anda dan setelah itu akan otomatis ditransfer ke tempat yang baru.

Setelah itu cek cPanel dari hosting anda yang baru dan anda bisa melakukan proses restore backup dari file yang ditransfer sebelumnya. Ini jauh lebih mudah dan cepat daripada kita repot – repot membuat backup > didownload > kita upload sendiri.

 

Nanti anda bisa mengembalikannya isinya ke semula di tempat yang baru melalui halaman Backups kembali, kalau kesulitan bisa meminta tolong tim support hosting baru anda – biasanya mereka akan membantu kita memindahkan website dalam waktu singkat.

Tulis komentar...