Cara memperbaiki file 404 Not Found atau 403 Forbidden dalam /sites/default/files/* pada Drupal

Kemarin saya diminta bantuan oleh teman saya jaman kuliah dulu dan sekaran sudah terjun dalam dunia web development menggunakan Drupal sebagai CMSnya. Keluhannya sih seluruh file yang berada dalam folder sites/default/files/* entah kenapa tidak muncul, ini bisa gambar, jacascript, css dan lain – lain.

Memang waktu saya cek websitenya (sudah online) tampak gambar pada slidernya tidak muncul dan beberapa fungsi situsnya rusak. Saya cek dengan Developer Tools ternyata file – file yang tersimpan dalam direktori /public_html/sites/default/files/* mengembalikan kode 404 Not Found atau 403 Forbidden.

Lho – lho apa – apaan ini pikir saya. Saya lihat pada cPanel benar ada semua lengkap filenya dalam lokasi tersebut, saya coba akses langsung juga tetap dianggap tidak ada atau dilarang aksesnya. Sempat curiga ini masalah permissions di Drupal tapi ternyata normal semua. Jadi entah kenapa seluruh file yang berada dalam folder /public_html/sites/default/files/ tidak bisa digunakan beberapa atau semuanya.

Nah… usut punya usut ini adalah masalah pada isi file .htaccess dalam folder /sites/default/files/. Anda bisa mengeditnya menggunakan FTP atau File Manager milik cPanel.

cpanel-public-html-sites-default-files

Solusinya ternyata cukup mudah, anda tinggal menambahkan tanda pagar (#) diawal kode Options None dan Options +FollowSymLinks seperti dalam gambar, ini menyebabkan kedua setting tadi diabaikan dan tidak aktif lagi konfigurasinya.

cpanel-public-html-sites-default-files-htaccess

Selesai! 😀

Tulis komentar...