Cara memperbaiki Sleep di Windows 7

Sleep sering digunakan untuk menonaktifkan komputer karena proses loading masuk ke Windows 7 jauh lebih cepat dibandingkan kalau dishutdown. Tapi kadang – kadang fungsi Sleep ini bisa bermasalah tanpa sebab yang jelas, berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki fitur ini di Windows 7.

Matikan Screensaver

Screensaver sering menjadi penyebab konflik dengan Sleep, kadang menjadi tidak tidur atau malah sebaliknya tidak bisa dibangunkan. Karena itu lebih baik dimatikan saja. Klik kanan pada layar desktop anda dan pilih Personalize.

windows-7-personalize

Pada jendela Personalization anda akan melihat screensaver apa yang sedang aktif, klik di lokasi tersebut.
windows-7-personalization
Ubah status Screen Saver menjadi (None), klik Apply dan OK.
windows-7-screen-saver-settings

Bila ternyata screensaver anda memang tidak aktif, cek cara berikutnya untuk mengatasi Sleep tidak berfungsi.

Cek setting Power Options

Alternatifnya kadang setting daya di Windows 7 bisa mencegah komputer masuk dalam mode Sleep, silahkan buka Control Panel dan cari Power Options.

windows-7-control-panel-power-options

Pada jendela Power Options klik Change plan settings pada mode daya yang anda gunakan.

windows-7-power-options

Jendela Edit Plan Settings akan muncul, klik Change Advanced Power Settings.

windows-7-edit-plan-settings

Carilah Multimedia settings, selanjutnya “When sharing media” dan ubah nilainya menjadi “Allow the computer to sleep”. Kemudian klik OK.
windows-7-power-options-multimedia-settings

Segera coba mode Sleep anda kembali.

Update driver graphic card

Solusi lain yang bisa saya berikan adalah silahkan update driver dari kartu grafis anda, kadang software yang diinstal bisa mengakibatkan konflik dengan mode Sleep di Windows 7.

*Artikel ini saya buat karena ada pertanyaan dari Mas Fathoni. Semoga membantu. 🙂

61 pemikiran pada “Cara memperbaiki Sleep di Windows 7”

    • Halo Dolqod, ini tidak bisa diaktifkan seperti apa ya mas? Bisa dipilih tapi tidak ada perubahan? Atau muncul pesan error saat diaktifkan?

      Di Windows apa mas?

  1. Permisi mas admin saya mau tanya.
    Leptop windows 7 32bit saya kenapa jadi tidak bisa di sleep mode setelah saya menginstall vga software ya?
    Sebelumnya saya pernah install ulang leptop saya dengan menggunakan software vga yang sama tapi normal dan dapat menggunakan sleep.
    Kira2 jadi kenapa ya dengan leptop saya? Apakah ada solusinya

    Balas
    • Halo Rachman, bisa dijelaskan ini tidak bisanya seperti apa?
      1. Tidak ada tombol Sleep?
      2. Tombol Sleep warna abu – abu/tidak bisa ditekan.
      3. Bisa ditekan tapi tidak ada efeknya?

      Ini laptop merek dan tipe apa ya mas? Anda download driver VGAnya darimana?

  2. Dear: Admin utekno
    Untuk tombol sleep dapat ditekan, tapi tidak memiliki efek sleep.
    Melainkan seperti leptop dalam keadaan dimatikan secara tidak benar.
    Karna ketika saya menekan tombol power leptop akan memunculkan pesan start windows normally dan ketika di destop pun aplikasi yang sebelumnya saya sedang jalankan sebelum di sleep sudah dalam keadaan keluar (close) tanpa menyimpan.

    Untuk merk acer tipe aspire 4736z. Untuk driver saya mendownload manual dengan mengecek dibagian device manager pada dibagian monitor di opsi properties.

    Balas
  3. Pesan yang mucul jika menghidupkan leptop > safe mode ? start windows normally > dan dua opsi lainnya

    Edit:

    Untuk Hibernate normal tidak ada masalah

    Balas
    • Itu rasanya malah kena shutdown sih mas makanya Windows mendeteksi adanya masalah pas booting.

      Coba ke Power Options dan cek apa fungsi tombol Powernya mas, yang di Choose what the power button do. Coba ganti ke Sleep kalau belum dan tes tekan tombol Power. Apakah normal masuk Sleep dan bisa diaktifkan.

  4. mas tombol sleep saya berwarna kelabu dan tidak berfungsi ketika di tekan, vga sudah saya instal di web resmi. laptop saya lenovo g40 windows 7(x64) mohon bantuannya..

    Edit:

    mas setelah saya cek windows+x setting untuk brightness display tidak ada dalam settingnya, mohon bantuannya bagaimana cara memperbaikinya. vga saya sudah saya update laptop saya lenovo g40 windows 7(x64)

    Balas
  5. Mas candra, pc sy gak bisa si sleep tombol sleepnya ada dan klo di klik berfungsi kompi lngsung sleep tp cuma bbrbp detik saja, kemudian nyala sendiri itu knp ya mas

    Balas
    • Halo Ferry, berarti ada sesuatu atau sinyal yang membuat PC anda mendeteksi perlu dibangunkan lagi mas. Ini di Windows 7? Sudah coba lepaskan speaker dan perangkat – perangkat non-esensial lainnya dan dicoba lagi? Dijauhkan juga dari casing PCnya.

  6. Masalah saya beda, ketika sy masuk mode sleep ternyata pas dihidupkan lagi tampilan tidak resume tp masuk ke mode windows recovery (seperti habis force shutdown), mohon solusinya

    Balas
  7. Mas maaf sebelumnya, PC saya memankai windows 7 64bit, setiap di sleep pc saya mati sebentar trus menyala lagi ke tampilan switch user. Unyuk kasus seperti ini bagaimana solusinya mas?
    Terima kasih

    Balas
  8. Asslamualaikum kk,.
    Kalau netbook saya sleep nya kelabu kk
    Trus brightnesnya ga bisa di geser
    Sebelum nya bisa smua kk
    Netbook saya acer AO531h kk
    Solusinya gimana ya kk

    Balas
    • Halo Irvantio,
      1. Ini di Windows apa?
      2. Permanen tidak bisa digunakan atau setelah restart normal?
      3. Misal laptop bisa disertakan merek dan tipenya.

    • Coba ya mas:
      1. Buka Device Manager.
      2. Klik pada USB Root Hub.
      3. Hilangkan centang pada Allow the computer to turn off this device to save power dan klik OK.

    • Waduh. 🙁

      1. Buka Power Options.
      2. Change plan settings.
      3. Change advanced power settings.
      4. Buka USB settings.
      5. Ganti USB selective suspend setting menjadi Disabled.

  9. Saya udah coba cara diatas , bisa di sleep tapi pas mau nyalain lg itu ga bisa. Jd harus dimatikan paksa lewat tombol power nya. Saya pake windows 7 netbook acer aspire one. Gimana lagi ya caranya biar bisa. terimakasih 🙂

    Balas
  10. Sama Coy.. Laptop Gue Juga Gitu, Cuma Di Mode Sleep Nya Doank Yg Masalah. Awalnya Di Pilihan Balanced(Recomended) Trus Gue Pindah Ke High Performanced, Eh.. Beberapa Bulan Kemudian Kena Masalah Juga Di Mode Sleep Nya. Bingung Nih Laptop Mau Nya Apa?

    Balas
    • Maaf Mas Sebelumnya.
      Laptop Saya ASUS X450CA.
      Windows 7 Ultimate 64bit
      Keluhan: Pada Mode Sleep.
      Pilihan Mode Battery: Balanced
      Untuk Mode “Balanced” Awalnya Normal Saja Untuk Sleep, Setelah 2 Tahun Untuk Sleep Harus 2X. Jadi Sleep Pertama LCD Mati Trus Hidup Kembali, Di Sleep Ke-2 Baru Mau Sleep. Akhirnya Saya Pindah Ke Pilihan Battery “High Performance” Sudah Normal Kembali.Tapi Setelah Beberapa Bulan Sekarang Masalah Nya Saat Di Sleep Laptop Sedang Di Chas Volume Menjadi MUTE & LCD Mati Beberapa Saat Hidup Lagi. Selalu Begitu Terus Mas Pada Saat Di Chas. Tapi Jika Tidak Di Chas Normal Aja. Saya Udah Atur Dari Pengaturan Battery Yakin Sudah Benar.
      “Menurut Mas Apa Kesalan Nya & Apa Solusinya”
      *******TERIMAKASIH*********
      *******SEMOGA ADA*********
      ******* SOLUSINYA **********

  11. Om kalo laptop ane asus saat di sleep beberapa detik langsung bangun sendiri padahal tidak disentuh itu kenapa ya…dan saya sudah bawa ke teknisi laptop sampai di instal ulang pun tetep belum bisa.

    Balas
  12. Mas saya ga bisa masuk windows seelah di sleep Tapi tombol power nyala cuma ga bisa masuk window cuma item doang layar nya nyamohon pencerahan nya mas

    Balas
    • Pakai Windows apa mas? Kalau direstart apa bisa normal masuk Windows? Saran saya sementara jangan pakai sleep dulu kalau begitu kondisinya.

  13. mas chandra maaf sebelum nya mungkin salah kamar.
    mas laptop saya tipe lenovo G40 kenapa ya tidak mau di shutdown.
    maksud nya setelah saya shutdown kemudian saya tutup laptop nya ketika saya buka laptop nya langsung menyala sendiri tanpa perlu di pencet tombol power dan batre nya juga habis sendiri.
    saya rasa status nya hibernate padahal saya sudah shutdown.
    mohon pencerahan nya pak.

    Balas
    • Menyala ini langsung ke desktop atau booting mas maksudnya?

      Pakai Windows apa mas? Dari dulu begini atau tiba – tiba saja?

  14. Pagi mas,
    Saya mau nanya. Laptop saya kok gabisa nyala, penyebabnya apa ya?
    Ada temen saya ngomong katanya karna sering di sleep bukan di shutdown. Apa bener? Trus gimana cara nyalainnya lg ya mas?
    Btw terakhir saya matikan itu tulisannya “update and shutdown”
    Hp win10 64bit

    Balas
    • Ga juga mas. Malah Microsoft mengarahkan usernya tidak perlu dishutdown, cukup sleep/hibernate supaya cepat masuk ke sistem operasinya.

      Dinyalakan ini tidak ada aktivitas sama sekali. Lampur LED? Atau hidup tapi di layar tidak muncul apa – apa?

  15. mas laptop saya bisa di sleep, tapi beberapa menit kemudian mati kayak kondisi shutdown (untuk nyalain laptop harus pake tombol power) solusinya gimana ya?

    Balas
  16. mas saya udah coba tapi kok gak bisa ya??

    mohon bantuanya mas sebab kerusakanya bagi sangat mngganggu apa lgi klo mau steaming…(terimakasih)T_T

    Balas
  17. Saya juga sama windows 7 saya jika awal mula setelah instal ulang normal bisa sleep.
    tetapi jika saya menggunakan software vga dan crack loader windows sleep saya jadi tidak berfungsi alhasil seperti mati tanpa di shutdown :/

    Balas
  18. utk mas chandra utama, minta tolong dong, laptop saya toshiba jadul intelnya cuma core 2 windows7. masalah laptop saya
    1. pertama tombol sleep dan hibernate menjadi kelabu sehingga tidak bisa di klik dan berfungsi sebagaimana mestinya, saya sudah mengikuti arahan postingan di utekno.com menggunakan cmd tetapi tidak berhasil
    2. kedua, brightness di laptop saya hilang entah kemana, sehingga saya tidak bisa mengatur tingkat kecerahan laptop saya.
    terima kasih semoga bisa dibantu

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Putrafs Batalkan balasan