Cara memulihkan setelan Google Chrome

Populernya Google Chrome dan mudahnya melakukan modifikasi setelan (setting) browser membuatnya menjadi sasaran malware dan pembajakan search enginenya, seringkali malah semua setting dirubah dan tidak bisa digantikan lagi ke semula. Memang anda bisa melakukan reset setting Google Chrome secara manual, dan ini bisa mengatasi 90% masalah pada Chrome.

Bagaimana kalau anda termasuk 10% sisanya? Kadang walau setelah dipulihkan setelannya keawal ternyata masih muncul juga malware pada Chrome atau dibajak lagi mesin telusurnya. Ini berarti anda membutuhkan antivirus atau anti-malware untuk menghapusnya dan anda bisa mencoba Google Sotware Removal Tool untuk Windows.

Saya sarankan lakukan backup data dulu sebelum menjalankan Google Software Removal Tool. Kalau sudah silahkan anda download dan langsung jalankan, aplikasi ini bersifat portable jadi bisa langsung aktif melakukan deteksi program – program jahat, berbahaya atau mencurigakan yang ada di komputer anda. Dan benar juga ditemukan satu program yang meragukan.
google-software-removal-tool

Klik tombol “Remove suspicious program” untuk membersihkan Google Chrome dan komputer anda dari program yang dikenali mencurigakan. Setelah prosesnya selesai maka Chrome akan otomatis melakukan factory reset, segera batalkan kalau tidak ingin kehilangan seluruh history, bookmark, cookie, username dan password yang tersimpan dalam browser.

Tulis komentar...