Cara menambahkan Keyboard Input Language di Windows 7

Sebagian besar orang yang sering bingung bilamana mereka harus membuat laporan, chatting, atau tugas dengan menggunakan karakter atau huruf abjad dari bahasa asing. Untuk mengatasi hal tersebut banyak cara yang bisa kita lakukan mulai dari mendownload software bahasa tambahan atau menggunakan fasilitas tambahan bahasa dari Windows. Kali ini kita akan membahas cara menambah bahasa dari Windows itu sendiri (Windows 7), bagaimana caranya?

Sangat mudah ikuti petunjuk di bawah:

  1. Masuk menu Control Panel
  2. Setelah itu pilih Regional and Language.
    windows-7-control-panel-regional-and-language
  1. Pilih sub menu Keyboard and Languages, kemudian klik change keyboard.
    windows-7-keyboards-and-languages
  1. Di menu General tekan ?Add? untuk memilih bahasa yang ingin ditambahkan.
    windows-7-add-input-language-japanese

Sebagai contoh saya akan menambahkan bahasa ?Japanese?, setelah selesai memilih klik ?OK?

Setelah memilih maka Input Keyboard akan bertambah satu lagi, jika ingin meanmbah bahasa lagi tekan ?Add? bila sudah selesai tekan ?OK? atau ?Apply? untuk melanjutkan. Sebaliknya jika ingin menghapus, tinggal pilih inputan bahasa mana yang ingin dihilangkan dan kilik ?Remove?.

windows-7-japanese-input-language-added

  1. Untuk menggunakan bahasa yang kita pilih Language bar harus di tampilkan (jika setting language bar tidak dirubah harusnya berada di kanan bawah) dengan icon initial bahasa yang sedang kita pakai (Biasanya IN atau EN) dan bersebelahan dengan icon bar yang lain. Di klik saja icon tersebut maka akan muncul bahasa apa saja yang kita pilih dan ada pilihan ?Show the Language bar? nah menu ini yang kita cari jadi klik saja.
    windows-7-language-bar
  1. Setelah language bar muncul (biasa di atas), tinggal pilih bahasa yang ingin kita pakai. Sebagai contoh karena tadi saya memilih Japanese makan saya akan mencoba menggunakanya di notepad. Pilih Japanese di menu language bar dan klik ?Kana? maka berubah sudah input bahasa menjadi ?Japanese?.
    windows-7-japanese-language-bar

Note :Waktu memilih bahasa yang ingin ditambahkan, ada beberapa bahasa yang memiliki banyak sekali pilihan keyboard ?contoh apabila kita memilih Chinese (Simplified ,PRC)

windows-7-more-input-language

Seperti gambar di atas waktu memilih input keyboard ada 6 pilihan, jangan bingung biasanya yang paling cocok dan sering di gunakan yang paling atas sendiri. Namun bila tidak cocok kita bisa mencoba satu per satu jika tidak sesuai tinggal remove dan add lagi.

Selamat Mencoba.

Tulis komentar...