Cara menambahkan suara ringtone dan notifikasi baru di Android

Setiap pemilik ponsel baru pasti ingin membuat miliknya berbeda dengan yang lain, salah satu yang sering diubah adalah suara untuk ringtone dan notifikasi. Kalau hanya memilih dari daftar musik default bawaan handphone Android jelas akan terbatas opsinya, dan belum tentu anda menyukainya.

Karena itulah kita sebaiknya menambahkan sendiri musik atau lagu yang sesuai dengan selera kita sebagai penanda kalau ada panggilan telepon atau ada pesan SMS yang masuk.

Bagaimana cara memasukkan ringtone dan suara notifikasi baru ini? Buka storage dari handphone anda, ini bisa Phone Storage internal ponsel atau SD Card anda. Saya sarankan menggunakan internal milik handphone supaya saat dinyalakan bisa langsung diaktifkan, kalau dari SD Card maka masih akan dipersiapkan dahulu (Preparing SD Card) baru bisa dipakai – selama menunggu ini akan menggunakan default.

android-file-manager

Anda bisa mengakses media penyimpanan yang terpasang pada ponsel menggunakan aplikasi File Manager atau dengan memasangkannya ke komputer memakai USB. Terserah anda memakai metode manapun, hasilnya sama saja kok.

Nah… nantinya buat 2 buah folder bernama Ringtones dan Notifications. Kalau anda membutuhkan suara untuk alarm maka buat juga direktori bernama Alarms.
android-phone-storage
Kemudian langsung saja isikan file – file yang ingin anda gunakan sebagai dering telepon dan suara pemberitahuan di handphone Android anda melalui Audio Profiles yang aktif.
android-phone-storage-ringtones

Format file audio yang didukung adalah MP3, MP4A, MIDI, dan WAV? yang sudah saya coba.?Jika file anda berlainan formatnya ada kemungkinan bisa dan tidak – silahkan dikonversi ke format yang didukung bila tidak bisa digunakan memakai LameXP. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Kalau ringtone bisa menggunakan lagu dengan durasi yang lama, tapi kalau notifikasi saya sarankan cukup dalam 1-3 detik jadi cari yang singkat saja. Kalau anda membuat sendiri file audionya dan ingin memotong bagian tertentu dari musik atau lagu maka bisa menggunakan software Wave Editor yang cukup mudah cara pakainya.

Satu pemikiran pada “Cara menambahkan suara ringtone dan notifikasi baru di Android”

Tulis komentar...