Cara mengaktifkan Friendly URL di XenForo

Advertisements

Salah satu pengguna Kaskus menanyakan ke saya lewat PM (Private Message) mengenai bagaimana cara mengaktifkan Friendly URL di forum XenForo miliknya. Ini supaya alamat diskusi seperti http://utekno.com/index.php?threads/judul-topik.15/ menjadi lebih ramah ke pengunjung dan bot mesin pencari misalnya http://utekno.com/threads/judul-topik.15/. Lebih singkat dan mudah dibaca bukan?

Dengan mengaktifkan Friendly URL (atau Permalink istilahnya di CMS lain) akan memberikan pengaruh positif terhadap peringkat forum anda di Google dan mesin pencari lainnya. Juga membuat pengunjung manusia lebih mudah menghapalkan alamat diskusi yang spesifik nantinya.

Sebelumnya pastikan sudah ada file .htaccess dalam hosting anda, semestinya sudah ikut diupload beserta file – file XenForo. Setelah itu akses halaman administrasi XenForo dan buka Options. Konfigurasi forum anda akan berada disini, saat ini kita perlu mengakses opsi Search Engine Optimization (SEO).
xenforo-options-seo

Advertisements

Didalam halaman setting SEO ini anda akan menemukan fitur Use Full Friendly URLs, beri centang untuk mengaktifkannya.
xenforo-options-seo-friendly-url

Misal menurut anda URL forum anda nantinya terlalu panjang bisa mencoba dikurangi dengan menghilangkan centang pada Include Content Title in URLs, hasilnya nanti akan seperti http://utekno.com/threads/15/.

Semoga membantu. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar