Cara mengaktifkan kompresi HTTP di cPanel

Memiliki website tentu tidak ada salahnya memaksimalkan fitur – fitur yang tersedia oleh web hosting anda, apalagi kalau memiliki efek positif seperti memperkecil (kompres) halaman situs anda sehingga akses halaman menjadi lebih cepat dan menghemat penggunaan kuota bandwidth web hosting. Tidak ada ruginya bukan?

Beberapa web hoster yang menggunakan cPanel tidak mengaktifkan kompresi HTTP (HyperText Transfer Protocol) secara default dan ini bisa mengakibatkan pengunjung memuat website anda lebih lama juga kuota bandwidth hosting anda cepat tersedot habis.

HTTP Compression ini tersedia dalam 2 jenis yaitu menggunakan algoritma GZIP dan Deflate, mana yang dipakai tergantung web hoster anda. Mana yang lebih baik diantara GZIP dan Deflate? Yang lebih baik adalah anda menggunakan salah satu daripada tidak sama sekali.

Untuk mengaktifkan mode HTTP Compression untuk setiap pengunjung website anda silahkan akses cPanel terlebih dahulu. Kemudian cari bagian Software/Services, disini anda klik pada Optimize Website.

cpanel-software-services

Pada halaman Optimize Website lihat pada Compress Content. Ada 3 opsi yang bisa anda pilih:

  • Disabled – Berarti tidak ada kompresi yang diberlakukan pada setiap koneksi ke website anda.
  • Compress all content – Semua jenis konten baik teks, gambar, video, lagu akan dikompres.
  • Compress all the specified MIME types – Konten dengan MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions adalah standar untuk mengenali tipe file) tertentu akan dikompresi. Isikan tipe file yang ingin dikompresi pada bagian MIME types.

cpanel-optimize-website
Setelah anda menentukan opsi kompresi mana untuk website anda klik Update Settings untuk menerapkannya. Setelah itu segera buka website anda kembali tapi jangan lupa bersihkan cache dulu atau pakai browser lain, kalau ingin lebih detail lagi dapat menggunakan Google PageSpeed Insights apakah website anda telah menggunakan kompresi HTTP dalam koneksinya.

2 pemikiran pada “Cara mengaktifkan kompresi HTTP di cPanel”

  1. Saya mau tanya om, bagaimana mengatasi i/o limit ya? Padahal site masih baru dan semua telah di optimasi. Thanks

Tulis komentar...