Cara mengaktifkan Permalink di WordPress

Penggunaan WordPress sebagai platform blog bisa dikatakan masih yang terpopuler di Indonesia, apalagi dengan kemudahan dan fleksibilitasnya. Setelah anda menginstall WordPress maka anda bisa langsung menuliskan pendapat atau keseharian anda dan mempublikasikannya.

Tapi kalau anda ingin url atau link artikel anda mudah diingat dan memiliki peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian Google maka jangan lupakan untuk mengaktifkan fitur permalink (friendly url) yang akan mengubah sistem pengalamatan posting WordPress dari http://utekno.com/?p=123 menjadi http://utekno.com/halo-dunia misalnya. Sehingga daripada mengingat angka – angka maka alamat posting anda menjadi lebih ramah. 😀

Bagaimana cara mengaktifkan permalink milik WordPress? Pertama anda harus mengakses halaman dashboard administrasi situs anda (nama-situs-anda.com/wp-admin) setelah itu buka menu Settings (Pengaturan), maka akan ada pilihan Permalink.

wordpress-menu-pengaturan

Ada beberapa pilihan jenis permalink yang bisa diatur dan hasil urlnya:

wordpress-pengaturan-permalink

  • Default / Standar (http://utekno.com/?p=123) – Ini adalah setting default WordPress.
  • Day and name / Tanggal dan nama (http://utekno.com/2014/10/21/contoh-tulisan/)
  • Month and name / Bulan dan nama (http://utekno.com/2014/10/contoh-tulisan/) – Blogspot secara default menggunakan skema alamat ini.
  • Numeric / Numerik (http://utekno.com/arsip/123)
  • Post name / Nama tulisan (http://utekno.com/contoh-tulisan/)
  • Custom Structure / Struktur Tersuai (http://utekno.com/%postname%/) – Catatan: Isi dari custom structure ini akan otomatis mengikuti pilihan anda diatas atau anda ketikkan sendiri tag – tag yang didukung.

Jenis permalink mana yang lebih baik? Menurut saya semuanya sama saja tapi yang lebih penting adalah konsisten penggunaannya, jadi kalau bisa gunakan yang paling cocok dengan keinginan anda dan jangan sering – sering diganti.

Oh ya jangan lupa untuk menghidupkan fitur Akismet untuk melindungi blog anda dari komentar spam. 😉

Tulis komentar...