Cara mengaktifkan USB Tethering di Android

Kebetulan hari ini mati lampu jadi pekerjaan saya terhambat, enggan untuk keluar rumah mencari hotspot gratisan membuat saya mencari solusi malas untuk internetan dari laptop. Kabar buruk lainnya WiFi card di notebook saya rusak tidak bisa digunakan, jadi WiFi Tethering tidak bisa jadi jawaban. Untungnya handphone Android saya memiliki fitur USB Tethering, dan inipun baru saya tahu setelah melihat – lihat opsi yang ada.

Fungsi Tethering melalui USB ini adalah membagikan koneksi internet handphone kepada komputer menggunakan port USB, dan ini serasa air ditengah padang gurun saat saya menyadari adanya fitur ini. Bayangkan keadaan darurat (mati lampu) dan laptop saya membutuhkan koneksi internet bukan hotspot, maka jelas terlihat kelebihannya. Catatan saja, saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (JellyBean), bisa jadi ada sedikit perbedaan antar versi – silahkan diadaptasikan caranya.

Cara menggunakannya? Cukup buka Settings (pengaturan) Android, selanjutnya buka More…

android-settings

Pilih Tethering & portable hotspot dari opsi Wireless & Networks yang ada.
android-wireless-networks

Pastikan anda telah memasang kabel USB dari handphone anda ke komputer, maka secara otomatis opsi USB Tethering akan aktif dan beri centang untuk menggunakannya.
android-usb-tethering

Selesai! Nanti statusnya akan menjadi Tethered dan sekarang anda bisa online dari komputer anda menggunakan koneksi internet handphone anda. Cara ini memang kadang saya pakai kalau ada halangan atau musibah yang membuat saya tidak bisa terhubung ke internet menggunakan speedy.

24 pemikiran pada “Cara mengaktifkan USB Tethering di Android”

  1. ane pake komputer kok gabisa ya?

    Edit:

    Hp saya samsung galaxy young, udah nyambung dengan komputer, dan klik usb tethering bahkan udah tethered tapi tetep no connections, padahal paketan juga ada 1 gb

    Balas
    • Halo Rizal, bisa dijelaskan mas maksudnya tethering mati ini seperti apa? Sudah tersambung ke PC tapi tidak ada koneksi internet atau bagaimana?

    • mas chandra, kasusnya kayaknya sama..
      kabel usb sdh dikoneksikan dan hp ngisi daya, tapi menu penambatan usb mati, ga bisa diklik / diaktivekan. klo wlan dan bluetooth bisa.. tlg pencerahannya

  2. gan ane mau tanya ni hp ane samsung galaxy grand prime ane nyalahin tethering bisa tp di saat ane masuk pengaturan hotspot nya cuma ada pengaturan bluetooth tethering saja sedangkan untuk WLAN hotspot dan USB tidak tampak gan….

    mohon pencerahan dan solusi nya gan…
    terimakasi sebelum nya…

    Balas
    • Halo TK, oh memang ada mas caranya. Ini namanya Reverse Tethering. Nanti akan saya coba buatkan tutorialnya. Mas pakai handphone apa ya?

  3. mas, aku udh pasang pdanet di pc Windows XP . di hp juga udh aku psang apl. di pc udh ngebca jnis hp ku pas aku buka di device meneger. tapi pas aku udh slesai instal pdanet di pc, pas mau conekin gk bisa. ada keterangan yg intinya suruh pasang debugnya sMa apa gtu. pdhal debug usb dh aku pasang. apa salah yaa? tolong mas gmna itu..

    Balas
  4. mas kalau prosesnya di balik jadi jaringan internet yang di laptop di bagikan ke hp android dengan cara itu bisa nggak mas? mohon bantuannya

    Balas
  5. bang, Hp Oppo Mirror5 saya ga bisa nyambung sama sekali penambatan USBnya, baru di pengaturannya tertulis (USB tidak tersambung) padahal kabelnya udah nyambung tapi cuma bisa ngeces doang, kalo buat trans file atau gambar gabisa, terus udah dicoba di mana mana kok, jadi ga mungkin kalo colokan usbnya yg rusak. trimakasih

    Balas
    • Mas sudah coba kabel USB lain?

      Saya pernah kejadian beli kabel USB baru tapi ternyata cuma bisa buat cas saja, ga ada datanya. 🙁

  6. data nya ngga mao nyalah
    hp lenovo a369i
    konek ke pc udah bisa lancar tapi data hp nya ngga bisa nyala.
    pas di nyalain data nya ngga ada logo h+ nya
    bbm jga cuma menyambungkan

    Balas

Tulis komentar...