Cara mengamankan jaringan WiFi

Jaringan wireless (WiFi) merupakan hal yang mudah dipasang sendiri di rumah atau kantor sekarang ini, apalagi harga modem atau router dengan kapabilitas WiFi bisa dengan murah didapatkan – bahkan gratis dari Telkom Speedy. Cukup dengan menghidupkan modem maka akses hotspot pribadi sudah bisa digunakan, anda tinggal mengisikan passwordnya untuk menggunakan akses internet.

Tapi dibalik kemudahan ini ada bahaya yang mengancam keamanan komunikasi dan privasi setiap pengguna jaringan nirkabel ini. Karena memang mudah untuk diaktifkan maka setting defaultnya sering terlupakan untuk digantikan, ini yang membuat banyak akses WiFi berhasil digunakan orang tanpa ijin atau ada yang iseng membajaknya.

wifi-logo

Kalau dibandingkan akses internet menggunakan kabel maka dengan sinyal wireless semua orang dengan peralatan yang tepat minimal mengetahui adanya jaringan hotspot yang tersedia. Kalau sebelumnya mencuri bandwidth internet merupakan hal yang sulit, sekarang mereka tidak perlu berada dalam lokasi yang sama – tetangga anda pun bisa menumpang kalau tahu passwordnya.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan jaringan WiFi anda dan mencegah ada yang membobolnya.

Mengganti password administrator modem

Setiap modem bisa diakses halaman administratornya dengan membuka alamat IP 192.168.1.1 (paling umum). Masalahnya pabrikan modem juga ikut menggunakan username dan password default untuk admin, silahkan coba admin dan admin untuk masuk. Bahkan Speedy juga menambahkannya sendiri pada setiap modem bundlingnya.

tp-link-192-168-1-1

Karena setiap orang yang berhasil bergabung masuk ke jaringan akan bisa membuka bagian ini maka gantilah passwordnya supaya tidak ada orang iseng yang mengubah – ubah setting modem anda. Apalagi informasi username dan password default modem ini mudah didapatkan di internet.

Mengubah nama SSID hotspot

Menentukan nama jaringan WiFi (SSID) lebih ke arah informatif daripada mengamankan. Memberikan nama selain defaultnya akan mencegah orang tahu apa model dan merek modem yang digunakan, sehingga mereka tidak bisa segera mendapatkan informasi adanya kelemahan terhadap modem anda berdasarkan apa modelnya.

tp-link-quick-start-wlan

Mengaktifkan enkripsi komunikasi jaringan nirkabel

Pastikan anda menggunakan enkripsi dalam jaringan WiFi anda, ini selain mengamankan juga mencegah adanya yang menyadap komunikasi yang sedang berlangsung. Gunakan algoritma enkripsi WPA2 bila tersedia, bila terpaksa baru WPA atau WEP tapi sangat tidak disarankan.

Mengganti password WiFi secara berkala

Password WiFi merupakan gerbang masuknya setiap perangkat yang ingin bergabung kedalam jaringan wireless. Jangan terbiasa menggunakan satu password dalam waktu lama karena dengan program tertentu bisa mengenali pola password (pre-shared key) dan menjebolnya.

huawei-hg532e-basic-wlan
Panduannya berdasarkan modem TP-LINK dan Huawei.

Blokir akses perangkat tidak dikenal

Apakah hanya anda sendiri yang memakai akses hotspot? Atau memang penggunanya terbatas? Maka langsung saja blokir perangkat tidak dikenal yang ingin menggunakan WiFi. Anda bisa memakai sistem blacklist atau whitelist melalui modem anda berdasarkan MAC addressnya.

tp-link-interface-setup-wireless-mac-address-filter

Silahkan anda cek panduannya untuk modem TP-LINK.
Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...