Cara mengambil alih pemilik file atau folder melalui command prompt

Kalau anda pernah berusaha mengakses suatu folder atau memodifikasi file dan kemudian muncul pesan “You don’t have permission to access this folder” (dan variasinya) berarti anda bukanlah pemiliknya. Penyebab lain adalah hak akses user Windows anda bukanlah administrator sehingga tidak bisa dibuka secara bebas.

Kalau metode yang ingin anda gunakan tidak terbatas pada command prompt maka bisa menggunakan solusi alternatif melalui registry atau software tambahan. Tapi bila memang anda terpaksa menggunakan cmd maka anda bisa menggunakan perintah berikut: takeown /f nama_file, cara pakainya adalah takeown /f utekno.txt seperti dalam gambar.
cmd-takeown-f

Bila berhasil maka akan muncul pesan seperti berikut: “SUCCESS: The file (or folder): “C:\Users\Chandra\utekno.txt” now owned by user ”
Utama\Chandra”.”, dan jika muncul pesan “Access is denied” maka anda harus menjalankan jendela command prompt dengan hak akses administrator (klik kanan > run as administrator).

Bagaimana kalau anda ingin mengambil alih tidak hanya satu file atau folder saja? Misal ada satu folder yang ingin ambil alih pemiliknya beserta seluruh isi folder dan file didalamnya maka gunakan perintah berikut: c:>takeown? /r /f c:\utekno\.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...