Cara mengambil gambar dari dokumen Word

Cukup sering saya mendapatkan dokumen Microsoft Word baik dengan ekstensi *.doc atau *.docx yang disertai gambar di dalamnya melalui email. Tapi karena si pengirim kadang lupa ikut menyertakan gambarnya secara terpisah membuat saya agak repot dan bingung bagaimana cara mengambil gambar tersebut dari dokumen Word tadi. Kalau di buat screenshotnya akan membuat kualitas turun dan ukuran gambar tersebut menjadi lebih kecil, hal inilah yang harus dihindari.

Setidaknya saya menemukan cara mengextract gambar – gambar dalam dokumen tanpa menggunakan software tambahan, dan semua solusi ini mudah dijalankan cuma beda repotnya saja.

Mengambil gambar dokumen Word menggunakan Copy Paste

Ini yang paling mudah dan terus terang saya sendiri tidak langsung menyadarinya. Buka saja dokumen Word yang disisipi gambar dan lakukan klik kanan dan pilih Copy.

microsoft-word-2007-copy

Kemudian jalankan Microsoft Paint di Start > Accessories > Paint. Kemudian klik kanan dan pilih Paste. Tidak harus menggunakan Paint, asalkan tujuan copy gambar ini memiliki kanvas gambar.
microsoft-paint-paste
Selanjutnya simpan saja gambar tersebut menggunakan Save As ke dalam format gambar yang anda inginkan.

Mengambil gambar dokumen Word dengan menyimpan sebagai HTML

Cara alternatif untuk ekstraksi gambar atau foto dari dalam dokumen Word adalah menyimpannya sebagai halaman web. Klik Orb menu dan pilih Save As dan klik Other Formats.
microsoft-word-2007-save-as-other-formats

Pada Save as type pilih Web Page (*.htm, *.html) dan tentukan folder lokasi penyimpanannya.
microsoft-word-2007-save-as-web-page

Maka akan muncul 1 buah file dengan ekstensi htm dan 1 buah folder yang akan berisi file – file yang disisipkan dalam dokumen Word sebelumnya.
word-document-saved-as-web-page

Buka folder tersebut dan anda akan menemukan gambar atau foto yang disertakan di dokumen Word dalam format aslinya.
files-inside-word-document-as-web-page

Sejak menemukan cara ini saya tidak perlu rutin mendesak rekan – rekan saya kalau memang mereka lupa meng-attach gambar yang diperlukan. Walau lebih baik disertakan juga secara terpisah supaya tidak repot – repot secara manual meng-extract gambar di dokumen Word. Soalnya sistem penamaan filenya juga hilang, jadi supaya rapi saya terpaksa me-rename satu per satu file tersebut.

Tulis komentar...