Cara mengatasi “Check Cable Connection!”

Pagi ini saya diminta bantuan oleh tetangga untuk membetulkan laptopnya. Kasusnya saat dinyalakan dan masuk ke BIOS muncul pesan error:
Check Cable Connection!
PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
No Bootable device -- insert boot disk and press any key.

Kalau disimpulkan tampaknya ada masalah pada kabel harddisk sehingga tidak bisa booting masuk Windows.Tapi dari hasil pencarian di internet dan percobaan saya saat membongkar casingnya ternyata hal ini bisa disebabkan berbagai macam faktor dan memiliki solusi yang berbeda.

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Jika anda ingin tahu kenapa hal ini terjadi, singkatnya entah kenapa harddisk anda tidak berhasil dideteksi dengan sempurna dan ini membuat BIOS mencoba booting dari urutan selanjutnya yaitu melalui jaringan. PXE adalah kode dari Boot from Network alias kartu jaringan (Network card). Jadi belum tentu ada kerusakan pada harddisk komputer anda, dan sempat berharap ini bukan error dari Windows yang hilang.

Silahkan anda coba salah satu cara berikut untuk memperbaikinya, pilih dari yang paling mudah untuk ada.

  • Paling dasar anda bisa mencoba membongkar casing komputer atau notebook anda, lepas kabel koneksi harddisk dan kemudian pasangkan kembali. Atau bisa juga dengan memindahkan pemasangan kabelnya ke slot SATA yang lain kalau tersedia.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali isi dari Boot Option/Order dalam BIOS. Siapa tahu bukannya menjalankan booting sistem operasi dari harddisk melainkan dari perangkat lain.

Dari pengalaman yang paling sering terjadi adalah urutan BIOS yang tiba – tiba berubah sehingga tidak ada harddisk didalamnya dan cara kedua sudah cukup untuk mengatasinya, mungkin si pengguna panik saat masuk ke menu BIOS dan asal menekan opsi – opsi yang ada.

133 pemikiran pada “Cara mengatasi “Check Cable Connection!””

  1. Awalnya nih..
    Buka applikasi apapun dan awal masuk desktop itu lemot dan membuka aplikasi nantinya bakal not respond, dan terjadi langsung blue screen.
    Nah saat terestart alhasil sepert PXE-M0F; Existing Intel PXE ROM, nah saya Alt+Ctrl+Del untuk restart kembali buat masuk ke Bios dan di Boot itu tidak ada HDD terbaca, dan saya matikan leptopnya dan saya nyalakan kembali dan masuk ke Bios tapi disitu terdapat HDDnya dan ada pilihan untuk ke Normally Start (apalah lupa) safe mode, dengan CMD, dengan koneksi gitulah, jika ke Normally Start gitu alhasil sama seperti awal. Dan ini saya lakukan pengecekan HDD kabelnya saya bersihkan masih sama aja, apakah HDDnya memang sudah rusak? yang saya bingungkan yah begitu lah

    Balas
    • Ya, tampaknya dari ciri – cirinya hampir pasti harddisknya rusak mas. Coba dipasangkan ke PC/laptop lain sebagai eksternal untuk mengambil data – datanya.

Tulis komentar...