Cara mengatasi CMOS Error

Kali saya akan membahas masalah yang lumayan rutin terjadi pada komputer lama, yaitu saat menyalakan komputer akan tertahan di layar BIOS yang hitam dan akan muncul pesan kesalahan CMOS dan diminta untuk mensetting BIOS atau menekan tombol tertentu untuk melanjutkan ke proses booting (biasanya F2).
ami-bios-cmos-settings-wrong
Beberapa variasi pesan error CMOS ini adalah:

  • CMOS Settings wrong.
  • CMOS checksum error – Defaults loaded.
  • System CMOS checksum bad – Default configuration used.
  • CMOS Date/Time not set.

Sebenarnya apa penyebab utama masalah CMOS ini? Kalau diperhatikan dengan seksama jam di BIOS menjadi tidak tepat, biasanya menjadi 1 Januari. Ternyata hal sepele penyebabnya, yaitu baterai CMOS di motherboard telah habis dayanya sehingga setting BIOS tidak bisa tersimpan dengan benar. Karena itu kerusakan ini sering muncul di komputer atau laptop lama, biasanya dalam jangka waktu 4 tahun lebih tergantung penggunaan anda selama ini.

Solusinya CMOS error ini? Ternyata mudah kok memperbaikinya. Ya tinggal ganti saja baterainya dengan yang baru, murah kok di kisaran 5000 rupiah saja.

2 pemikiran pada “Cara mengatasi CMOS Error”

    • Halo Maman, ini motherboard apa mas? Coba lakukan flashing ROM manual, tampaknya korup BIOS anda. Semisal masih gagal… ya relakan mas. Sudah saatnya ganti baru.

Tulis komentar...