Cara mengatasi komputer restart sendiri

Sedang enak – enak menyelesaikan pekerjaan atau main game tiba – tiba komputer restart sendiri. Kadang akan muncul layar biru BSoD sesaat sebelum restart sendiri. Wah… musibah apalagi ini yang sedang menimpa anda. Apalagi kalau komputer restart sendiri ini termasuk sering terjadi, jelas merupakan ciri – ciri adanya masalah dan kita harus segera mencari cara mengatasinya.

Dari pengalaman saya selama ini dalam memperbaiki komputer dan laptop yang sering restart sendiri sebagian besar disebabkan oleh hardware. Dan penyebabnya terutama karena panas yang berlebihan (overheat), sisanya karena kerusakan perangkat keras. Ini kalau dibiarkan maka komputer akan restart terus menerus tanpa henti saat digunakan.

bsod-attempt-reset-display-driver

Komputer restart karena prosesor terlalu panas

Bila suhu CPU anda terlalu panas maka motherboard untuk melindungi komponen – komponen yang ada dari kerusakan lebih lanjut atau permanen akan otomatis merestart atau malah mematikannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh debu yang bertumpuk pada heatsink, thermal paste yang sudah kering, suhu ruangan yang memang panas atau kipas prosesor yang sudah rusak.

Solusinya anda harus membersihkan debu – debu atau kotoran yang ada dalam komputer anda. Cek juga thermal paste pada CPU apakah masih mampu bekerja dengan baik dan tidak kering. Paling ekonomis lepas casing sampingnya dan gunakan kipas angin besar yang diarahkan kedalam. 😛

Komputer restart karena GPU

GPU atau kartu grafis (kadang disebut juga VGA) bisa menjadi faktor. Kadang kalau sudah rusak saat menampilkan video dengan resolusi tinggi akan nge-lag sesaat dan langsung terestart. Artifak atau tampilan apa yang muncul di layar rusak bisa menjadi gejalanya. Ini bisa disebabkan panas, driver hardware yang korup atau memang ada kerusakan fisik.

Cara memperbaikinya bisa dengan membersihkan graphic cardnya, update driver atau terpaksa menggantinya dengan yang baru.

Komputer restart disebabkan Power Supply

PSU (Power Supply Unit) adalah pengatur daya listrik yang dibagikan ke berbagai macam perangkat keras yang terpasang dalam komputer. Dan biasanya memang sudah dituliskan berapa daya listrik yang mampu disalurkan, untuk komputer standar maka 500-600 Watt sudahlah cukup. Kecuali anda fokus ke gaming atau pekerjaan yang membutuhkan banyak kartu grafis, jangan kaget kalau minimalnya adalah 800 Watt. Bila saat komputer anda dipacu untuk kerja lebih keras maka akan menyedot listrik yang lebih besar juga, kalau PSU anda tidak kuat mensuplai daya listrik maka akan otomatis mati dan merestart komputernya.

Ini cara mengatasinya antara anda membeli PSU yang lebih baik atau jangan dipaksa menggunakan program – program yang memaksa kerja komputernya.

Komputer restart dikarenakan RAM

Bila RAM yang rusak biasanya akan terasa diawal saat baru menyalakan komputer, melewati BIOS dan booting ke Windows maka akan langsung restart. Ini lebih sering disebabkan adanya kerusakan pada modul memori. Bisa masalah kotoran yang menempel pada pin RAM atau memang ada kerusakan fisik.

Cara memperbaikinya silahkan dicoba menggunakan penghapus pensil digosok – gosokkan pada pin memori dan pasang kembali, atau coba pasang di slot lainnya. Bila tidak berhasil juga maka terpaksa kita menggantinya dengan yang baru.

Komputer restart disebabkan Harddisk

Nah… harddisk kalau sudah ada masalah dan pada saat berusaha membaca atau menulis data ada resiko komputernya restart. Ini jarang disebabkan panas melainkan adanya bad sector atau kerusakan permanen pada harddisknya. Silahkan coba cek dengan check disk atau program diagnosa kesehatan harddisk lainnya.

Kalau sudah begini saya anjurkan anda untuk membackup data – datanya dan membeli harddisk baru saja, karena sudah pertanda kerusakan hdd. Anda bisa mencoba membersihkan fan harddisk dan sekitarnya sih.

Lainnya

Pada dasarnya seperti yang dapat anda simpulkan sendiri bahwa mayoritas disebabkan panas komputer. Karena itu perawatan rutin dengan membersihkan hardware yang ada wajib dilakukan untuk mencegah kerusakan dan masalah komputer restart sendiri ini terjadi. Anda bisa memantahu suhu komputer dengan software semacam HWMonitor, CPUTemp dan sebagainya.

Oh ya komputer restart ini kadang juga disebabkan ada kerusakan hardware dan semestinya akan muncul pesan kesalahan dalam Blue Screen of Death tapi setting default Windows adalah otomatis reboot kalau mengalami error fatal jadi kita tidak sempat membacanya.

2 pemikiran pada “Cara mengatasi komputer restart sendiri”

  1. Komputer gue sering BSOD, disitu ada keterangan “error memory dump”. Saya udah update BIOS tapi kadang-kadang masalah ini masih terjadi. Kira-kira gimana solusinya bro?

    • Ini di Windows apa mas? Memory Dump itu informasi bahwa Windows sedang menuliskan data soal aktivitas yang terjadi saat itu yang menyebabkan error. Kalau bisa dituliskan pesan error lainnya.

Tulis komentar...