Cara mengatasi “NTLDR is missing”

Bagi pengguna Windows XP atau 2000 biasanya pernah mengalami error NTLDR is missing saat booting Windows. Cara memperbaikinya agak sedikit merepotkan dan anda wajib memiliki CD installer Windows XP atau USB Flashdisk yang bootable berisi setup Windows tersebut.

Secara lengkap pesan errornya adalah:
NTLDR is missing
Press Ctrl+Alt+Del to restart.

windows-xp-ntldr-is-missing

Yang kalau ditekan kombinasi tombol diatas akan merestart komputer dan… kembali muncul errornya, jadi percuma saja dilakukan. Ada 2 file yang perlu anda gantikan dengan yang asli yaitu : Ntldr dan Ntdetect.com. Semuanya ada dalam installer Windows. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan ini?

Siapkan terlebih dahulu setup Windows yang bootable baik CD atau Flashdisk, pilih metode mana yang paling mudah untuk anda. Jangan lupa setting BIOS komputer untuk booting menggunakan salah satu cara tadi.

  1. Anda akan diminta masuk ke mode apa pada tampilan menu setup Windows XP, tekan R untuk masuk ke dalam mode Repair (perbaikan).
  2. Selanjutnya anda akan diminta memilih drive partisi Windows, umumnya di drive C:\ jika benar maka tekan tombol 1 kemudian ENTER.
  3. Misal anda booting setup Windows baik menggunakan CD atau Flashdisk dari drive F:\ maka ketikkan perintah berikut:
    copy f:\i386\ntldr c:\
    copy f:\i386\ntdetect.com c:\
  4. Saat muncul konfirmasi penimpaan file maka ketik y untuk menyetujuinya.
  5. Kalau sudah maka ketik exit untuk keluar dan restart.
  6. Jangan lupa kembalikan setting booting BIOS ke harddisk yang berisi Windows.

Niscaya Windows XP anda akan sehat kembali ke sediakala. Semoga sukses.

Tulis komentar...