Cara mengatasi “Preparing your desktop…” di Windows 7

Last Updated on April 28, 2017

Saat booting Windows tertahan pada pesan “Preparing your desktop…” beberapa lama? Bahkan anda kadang tidak bisa masuk ke Windows karena ini atau terpaksa Windows menggunakan temporary profile. Bahkan setelah berhasil masuk pun ada file – file yang disimpan di layar desktop Windows akan hilang. Bisa membuat frustasi kalau tidak segera dicari solusinya.

Dari hasil pencarian saya ternyata ada cara yang mudah dibandingkan dengan membuat profil baru atau memodifikasi registry Windows. Silahkan anda coba cara berikut ini terlebih dahulu.

Jalankan command prompt (cmd.exe) Windows.

windows-7-command-prompt

Selanjutnya panggil Task Manager (taskman.exe), matikan proses Windows Explorer (explorer.exe) dengan klik kanan dan pilih End Process.

win7-task-manager-end-process-explorer-exe

Pada command prompt ketikkan perintah berikut: set userprofile=c:\Users\<nama user profile Windows 7 anda> dan tekan ENTER. Sesuai dengan gambar, user account saya adalah Chandra, jadi perintahnya akan menjadi: set userprofile=c:\Users\Chandra. Setelah itu tutup command prompt.
win7-cmd-set-userprofile

Kembali dalam jendela Task Manager pilih File kemudian New Task (Run…).
win7-task-manager-new-task-run

Isikan dengan explorer.exe dan klik OK. Setelah itu restart komputer anda.
win7-create-new-task-explorer-exe

Saya berhasil mengatasi masalah “Preparing your desktop…” di Windows 7 dengan cara diatas, dan ini merupakan yang paling mudah diantara solusi – solusi lain yang saya temukan. Semoga cara ini berhasil bagi anda.

54 pemikiran pada “Cara mengatasi “Preparing your desktop…” di Windows 7”

  1. Gan, waktu saya buka cmd munculnya C:\Users\Temp> itu ngaruh gak ya. Karena saya udh ikutin step2nya tp gagal. Status sudah admin. Tolong solusinya. Terima kasih

    Balas
  2. kau sewaktu boot terus muncul : location is not available I:\Mydata\Documents\desktop refers to location that is unavailable ………blalalal cara merubah ke setting d:\mydata\documnets ,bagaimana ya ? diklik kanan properti juga nggak bisa disetting ke drive d :\ ya ? note : sebelum kejadian diatas mydata saya move ke hardisk portable

    Balas
  3. gan sudah saya coba cuma kok di bagian cmd
    C:\Users\TEMP

    nah itu kok ga bisa diganti nama profile saya yah 🙁
    uda saya buka dari safe mode file jg tetep gada

    Balas

Tinggalkan komentar