Cara mengatasi “Preparing your desktop…” di Windows 7

Saat booting Windows tertahan pada pesan “Preparing your desktop…” beberapa lama? Bahkan anda kadang tidak bisa masuk ke Windows karena ini atau terpaksa Windows menggunakan temporary profile. Bahkan setelah berhasil masuk pun ada file – file yang disimpan di layar desktop Windows akan hilang. Bisa membuat frustasi kalau tidak segera dicari solusinya.

Dari hasil pencarian saya ternyata ada cara yang mudah dibandingkan dengan membuat profil baru atau memodifikasi registry Windows. Silahkan anda coba cara berikut ini terlebih dahulu.

Jalankan command prompt (cmd.exe) Windows.

windows-7-command-prompt

Selanjutnya panggil Task Manager (taskman.exe), matikan proses Windows Explorer (explorer.exe) dengan klik kanan dan pilih End Process.

win7-task-manager-end-process-explorer-exe

Pada command prompt ketikkan perintah berikut: set userprofile=c:\Users\<nama user profile Windows 7 anda> dan tekan ENTER. Sesuai dengan gambar, user account saya adalah Chandra, jadi perintahnya akan menjadi: set userprofile=c:\Users\Chandra. Setelah itu tutup command prompt.
win7-cmd-set-userprofile

Kembali dalam jendela Task Manager pilih File kemudian New Task (Run…).
win7-task-manager-new-task-run

Isikan dengan explorer.exe dan klik OK. Setelah itu restart komputer anda.
win7-create-new-task-explorer-exe

Saya berhasil mengatasi masalah “Preparing your desktop…” di Windows 7 dengan cara diatas, dan ini merupakan yang paling mudah diantara solusi – solusi lain yang saya temukan. Semoga cara ini berhasil bagi anda.

54 pemikiran pada “Cara mengatasi “Preparing your desktop…” di Windows 7”

  1. jadi folderku yang hilang itu sempat ku kunci pkai software folder lock, setelah muncul masalah “preparing your desktop” trus foldernya mlah hilang, software folder locknya aku buka sama sekali ga ada folder yang terkunci..

    Balas
    • Waduh… bisa repot ini. Foldernya hilang tapi ukuran yang terpakai masih ada? Jadi tidak hilang atau terhapus kan? Saya cuma tahu satu caranya membaca kembali file yang sudah dikunci FolderLock yaitu dengan membuka harddisknya menggunakan Linux karena sistem menyembunyikan foldernya hanya berlaku di Windows.

  2. Gann… Kok pas saya tulis Exploler.exe kok gk mw tulisannya Not Exploler.exe padahalsaya udh end proses saya restart kok masih preparing ni gimana ya

    Balas
    • Halo Nisa, anda sudah mengikuti semuanya dengan akurat mbak? Terutama di nama user accountnya jangan sampai salah. Ini di Windows apa juga?

    • Halo Yudi, kadang bisa masuk mas asal ditunggu lama. Masuk ke Safe Mode tidak bisa? Pas muncul pesan diatas mas sudah coba CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESC?

  3. gan, maklum ane masih newbie
    setelah di end process , dan ane new task kembali “explorer.exe
    terus ane restart laptopnya , ko file ane banyak yg hilang
    ‘dan ane mau nanya gan gimana cara restore seperti semula gan

    Balas
    • Halo, Windowsnya sudah normal berarti? File – file hilang ini seperti apa mas? Maksud saya, solusi yang saya berikan tidak ada hubungannya dengan file – file yang tersimpan di harddisk. Karena itu saya ikut bingung.

    • Halo Amri, mas pakai perintah cmdnya? Itu User Profilenya ikut yang ada di Windowsnya mas. Yang saya contohkan berdasarkan komputer saya soalnya.

  4. Mas ..kok wkt saya masuk cmd. Klo di gambarnya mas kan… c users candra. Lah di saya masih TEMP c usersnya. Udah ikutin petunjuk.. dgn ganti nama usersnya saya. Tp pas di enter tetap c users Temp.
    Gimana ya?

    Balas
    • Halo Febri, mas ketikkan perintah seperti ini kan: set userprofile=c:\Users\Febri ? Kalau gagal berarti salah foldernya mas.

    • Halo Toni, itu perintahnya fungsinya untuk mensetting ulang profil Windows ke lokasi yang benar. Jadi pastikan user profile dan lokasi foldernya sudah benar. Kalau gagal ya berarti masih salah.

    • Sama seperti yg diatas gan,C:\Users\TEMP.echo-PC.004>set usersprofile=c:\Users\echo

      Masih sama juga gan C:…….TEMP.echo-PC.004
      Dmn salah nya gan? Maklum sangat newbie mas agan tolong pencerahannya

    • Halo Wisnu, di Windows apa mas? Dan.. kalau masih gagal saya juga belum bisa memberikan solusi alternatif lain.

  5. gan terimakasih gan cdari beberapa sekian cara cara ini yang berhasil ya gan..
    ane banyak banyak terimakasi sekali…

    tetap terus membantu orang lain ya gan

    salam suksesss….!!!!!!

    Balas
  6. Gan,jadi laptop saya pas saya hidupkan tiba tiba desktop nya background hitam,susunan shortcut desktop jd beda dan file yg di desktop hilang semua,jd kayak habis diinstal ulang tapi program software didalamnya masih ada,pas saua buka google chrome atau software lain seperti baru,pengaturan dan bookmark yg sudah di pasang hilang semua,dan ini terjadi setiap menghidupkan laptop,sudah saya coba cara seperti agan tapi masih seperti ini,terima kasih

    Balas
  7. Gan, waktu saya buka cmd munculnya C:\Users\Temp> itu ngaruh gak ya. Karena saya udh ikutin step2nya tp gagal. Status sudah admin. Tolong solusinya. Terima kasih

    Balas
  8. kau sewaktu boot terus muncul : location is not available I:\Mydata\Documents\desktop refers to location that is unavailable ………blalalal cara merubah ke setting d:\mydata\documnets ,bagaimana ya ? diklik kanan properti juga nggak bisa disetting ke drive d :\ ya ? note : sebelum kejadian diatas mydata saya move ke hardisk portable

    Balas
  9. gan sudah saya coba cuma kok di bagian cmd
    C:\Users\TEMP

    nah itu kok ga bisa diganti nama profile saya yah 🙁
    uda saya buka dari safe mode file jg tetep gada

    Balas

Tulis komentar...