Cara mengatasi “The program can’t start because MSVCR110.dll is missing from your computer.” di Windows

Saat anda ingin menjalankan sebuah program di Windows tiba – tiba muncul sebuah pesan error dan alhasil aplikasi tersebut tidak bisa digunakan, dibuka saja tidak bisa. Bahkan tidak ada tombol bantuan bagaimana cara mengatasi masalah ini, yang tersedia hanyalah tombol OK. Bagaimana solusinya?

Pesan error ini secara lengkap adalah sebagai berikut:
?The program can?t start because MSVCR110.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.?
msvcr110-dll-missing

Maksud dari error ini bahwa file dengan nama MSVCR110.dll tidak ada di komputer anda. Sehingga ada diminta memperbaiki dengan cara menginstall ulang software dengan harapan file tersebut akan kembali.

Sekarang darimana asal file ini? MSVCR110.dl merupakan file yang dipaketkan dalam salah satu versi Microsoft Visual C++ Redistributable, karena versinya sendiri dimulai dari tahun 2005 tidaklah aneh kalau anda secara tidak sadar melewatinya.

Cara mengatasinya adalah dengan mendownload Microsoft Visual C++ Runtime Library yang diminta. Edisi yang kita butuhkan adalah dari tahun 2012. Download link Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2012 Update 4: http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=30679. Klik download dan? beri centang pada jenis installernya, pastikan sesuai dengan jenis Windows anda, x86 untuk 32-bit, x64 untuk 64-bit dan arm untuk Windows RT.

download-visual-c-redistributable -for-visual-studio-2012

Lakukan instalasi dan setelah itu restart komputer anda, seharusnya program tersebut sudah bisa dijalankan dengan normal sekarang.

37 pemikiran pada “Cara mengatasi “The program can’t start because MSVCR110.dll is missing from your computer.” di Windows”

    • Hi Shaiman, can you provide what specific version of Movie Maker did you want to install? Have you already tried to copy the file from another computer? Please do try installing all possible Microsoft .NET Framework, sometimes this is the cause.

  1. apakah nanti berpengaruh terhadap windows updatenya gan?
    takutnya setelah kita install file tersebut windowsnya jadi error karena bukan windows asli

    Balas
  2. Gan ane kyk gitu gan masalahnya pas ane mau jalanin game. Ane udh download c++ yang visual studio 2012 itu gan trus ane install tapi tetep aja gan ga bisa… saya windows 7 64 bit dan download nya yang x64 tapi tetep aja gk bisa… solusi gan…

    Balas
    • Bisa dilengkapi mas?
      1. Ini game apa?
      2. Pakai Window apa?
      3. Pesan errornya persis?
      4. Mas sudah coba apa saja? Ini biar saya ga ngulangi solusi yang sama.
      5. Kalau laptop bisa disertakan merek dan tipenya.

  3. Maaf saya ingin bertanya itu bagaimana kalau saya sudah melakukan apa yang sudah tertera di atas, tapi setiap sehari selalu begitu dan memaksa saya untuk terus menerus melakukan langkah di atas setiap harinya .. kira kira apa yang harus saya lakukan agar masalh itu tidak terus terusan muncul setiah harinya.

    Balas
    • Loh kok aneh mas. Ini ada Deep Freezenya kok ga permanen solusinya?

      Coba filenya yang bermasalah (MSVCR110.dll) dicopy dari C:\Windows\system32 dan diletakkan dalam satu folder dengan program yang bermasalah.

  4. Ka mau nanya, kendalanya di vcomp110.dll is missing, udh coba download file dll nya, tp pas mau copy ke folder system itu, bisa, tapi pas dicari malah gaada padahal copypaste nya berhasil, udh dioverwrite pula, tetep gaada filenya, itu gimana solusinya ya kak? Btw aku pake Windows 7, 64 bit.

    Balas
    • Mbak pakai user administrator tidak? Itu gagal karena prosesnya tidak memiliki ijin akses.

      Kalau mau, coba matikan explorer.exe dan hidupkan ulang dengan klik kanan Run as Administrator.

  5. Saya kan install yg Ms C+++ ver 2015 , nah ttp aja gan ga bisa buka game nya. Kondisi Win 10 , AMD , game Naruto UNS3 . mohon bantuannya

    Balas
  6. Mas saya sudah instal dan sudah saya start tapi setelah hidup dan saya run as administrator gamenya tetap muncul โ€œmsvcp120.dll is missingโ€ kenapa ya?

    Balas

Tulis komentar...