Cara mengatasi ?Your purchase couldn?t be completed? di Windows 8

Kemarin sore saya diminta bantuan oleh teman saya mengenai pesan error pada laptopnya yang muncul saat ingin membeli sebuah game di Windows Store yang terintegrasi di Windows 8, semacam layanan Google Play pada Android. Saat berusaha membeli aplikasi gratis akan muncul pesan kesalahan:
Your purchase couldn’t be completed
Something happened and your purchase can’t be completed.

Hanya ada tombol Try Again untuk mencoba lagi prosesnya, atau Cancel untuk membatalkan. Setelah mengulangi proses ini berulang kali dan gagal terus menerus akhirnya saya putuskan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah ini.

Usut punya usut setelah membandingkan instalasi Windows 8 yang masih baru dengan milik teman saya ternyata ada perbedaan pada service yang aktif waktu itu. Service yang berhubungan dengan Windows Store adalah layanan Windows Update yang dalam keadaan mati waktu saya coba membeli sebelumnya. Kalau begini solusinya jelaslah mudah, hidupkan saja servicenya. Caranya? Ikuti langkah – langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows+R untuk memanggil jendela run command.
  2. Isikan dengan services.msc dan tekan ENTER.
  3. Pada jendela Services cari nama Windows Update dan lakukan double click.
  4. Ubah Startup Typenya menjadi Automatic (Trigger Start) dan klik OK.
  5. Sekalian pastikan bahwa Windows Store Service berjalan (Status: Running), apabila Startup Typenya adalah Manual (Trigger Start) atau Automatic (Trigger Start) maka biarkan saja. Bila tidak maka ubah ke otomatis juga.
  6. Tutup jendela Services dan restart komputer anda.

Selesai! Sungguh mudah bukan solusinya? Sekarang semestinya anda sudah tidak diganggu oleh pesan error itu kembali saat menggunakan Windows 8 Store.

3 pemikiran pada “Cara mengatasi ?Your purchase couldn?t be completed? di Windows 8”

Tulis komentar...