Cara mengatasi Runtime Error! R6002 di Windows

Masalah lain lagi yang berhubungan dengan Microsoft Visual C++ Runtime Library, seperti biasanya pada saat anda ingin menjalankan suatu program akan muncul error dengan kode R6002 dan tentu saja hanya ada satu tombol yaitu OK. Entah kenapa tidak disertai bantuan cara memperbaikinya.

Pesan error yang ditampilkan akan seperti berikut:

Microsoft Visual C++ Runtime Library
Error: Runtime Error!
Program: [Lokasi program disini]
R6002
– floating point support not loaded.

Error ini disebabkan si pembuat program tidak menyertakan runtime Visual C++ yang dibutuhkan, sehingga operasi program yang membutuhkan floating akan gagal karena tidak tersedia. Memang Microsoft Visual C++ Runtime Library ini terdapat dalam berbagai edisi dan versi, biasanya memang sudah terdapat di instalasi sistem operasi Windows anda.

Install ulang aplikasi yang bermasalah

Pertolongan pertama untuk memperbaiki Runtime Error! R6002 ini dimulai dari hapus instalasi program tersebut sampai bersih, bisa menggunakan Revo Uninstaller untuk memastikannya. Kemudian install kembali aplikasi yang mengalami error ini sebelumnya. Biasanya ini sudah cukup.

Install ulang Microsoft Visual C++ Runtime Library

Kalau belum maka anda perlu menginstall ulang beberapa Microsoft Visual C++ Redistributable. Sayangnya tidak ada versi Microsoft Visual C++ yang pasti sesuai dengan yang dibutuhkan program, ini tergantung si pembuat software menggunakan versi Microsoft Visual Studio berapa dan menggunakan fitur Visual C++ yang mana. Jadi mau tak mau anda harus mencoba menginstall satu atau lebih dari library Microsoft Visual C++ Redistributable berikut:

Setelah menginstall runtime diatas, restartlah komputer anda dan coba jalankan program yang bermasalah sebelumnya. Semoga saja error R6002 ini dapat diperbaiki dengan cara ini.Kalau masih belum juga hapus seluruh Microsoft Visual C++ Runtime Library yang terinstall di komputer anda dan install ulang kembali semuanya.

Saran saya selanjutnya adalah menginformasikan si programmer untuk menyertakan Microsoft Visual C++ Runtime Library yang dibutuhkan supaya tidak repot – repot lagi di kemudian hari.

35 pemikiran pada “Cara mengatasi Runtime Error! R6002 di Windows”

  1. Makasih ia bang sangat membantu cz game World in Conflict jga baca gtu padahal spek komputer normal aja thanks again semoga succses selalu

    Balas
    • Halo Kevin, boleh tahu tidak bisanya adalah apa? Kalau maksudnya tidak bisa didownload ini baru saja saya coba dan semuanya masih aktif. Jika maksudnya setelah install Microsoft Visual C++ Redistributable error R6002 masih bermasalah, silahkan dihapus semuanya dulu baru lakukan proses instalasi kembali.

      Semoga sukses.

    • Selamat pagi Handy, sayangnya setahu saya memang cara – cara diatas yang sukses mengatasinya. Boleh tahu gagalnya dimana?

  2. Permisi mas mau tanya… saya sudah instal ulang programnya (K-lite) trs psang lg tp ttp aj c++nya keluar ,trs sudah di instal ulang jga smua c++ny ,tapi msh saja c++ny keluar ? mohon pencerahannya mas .Terima kasih

    Balas
    • Halo Ary,

      Hmm… kalau kedua cara diatas tidak bisa, sudah coba install ulang seluruh Microsoft .NET Framework? Kadang ini bisa berpengaruh juga.

    • tolong cerahannya gw udah install ulang microsoft visual c++ hingga sampai 2013, dan juga saya menginstall ulang aplikasi yg rusak, dan juga saya install ulang microsoft .net framework, dan juga menggunakan trik cmd, namun tetap gagal, (aplikasi yang kena eror runtime adalah skyrim)

    • Halo Den, coba cek dalam folder installer Skyrim (bukan lokasi Skyrim terinstall) dan cari folder bernama vcredist, ini adalah versi Microsoft Visual C++ Runtime Library yang dipakai oleh game tersebut. Yang terbaru kadang memang bukan solusinya.

      Solusi alternatifnya coba install ulang DirectX (9 dan 10 kalau tidak salah) dan juga driver graphic card untuk memastikan silahkan diupdate juga.

  3. bang itu buat xp pack 2 bisa ga y game online saya keserang game.exeny terus, di instal ulang pun masih muncul runtime-ny terus , link ny masih bisa kah itu di atas bang??

    Balas
  4. gan itu visual c++nya smua buat XP SP2 bisa work g gan…?
    & solusinya supaya bener2 ilang yg d uninstal visual c++ yg sbelumnya pakai aplikasi ape gan…?
    mohon pencerahannya.

    Balas
  5. kak , setelah saya ikuti langkah langkah kakak , hasil nya sama saja , malah setelah ada pesan error runtime malah ada pesan lagi yang muncul “the instruction at “ox110205df” referenced memory at 0x03c1d328 . the memory could not be read
    klik on ok to terminate the progam”
    Tolong pencerahannya kak…

    Balas
    • Selamat sore Vian, wah… kalau pesan error yang anda tuliskan itu menandakan adanya masalah pada RAM komputer anda. Bisa rusak permanen atau kontak pin modul memori dengan slotnya yang bergeser. Saran saya coba lepaskan dahulu RAM dan pindahkan ke slot satunya. Dibersihkan pin – pin tembaga pada modul memori menggunakan penghapus pensil juga sangat disarankan. Slot memori juga bisa disapu dengan kuas supaya bersih dari debu.

    • terimah kasih kak penjelasannya , saya juga bingun , setelah saya instal tuh visual c++ kok malah tambah error pc ane saat membuka game yang habis saya download
      Sekali lagi terimah kasih kak…hehehehe

    • Diinstall semuanya mas kalau bisa. Itu sendiri – sendiri edisinya, bukan yang paling baru menggantikan yang lama. Jadi .NET Framework versi 2 itu berbeda dengan 3 dan 4.

  6. Min untuk sebuah aplikasi ngaruh juga kan buat Adobe Premiere? soalnya pada saat saya membuka tombol template dia langsung muncul notif runtime error, apakah bisa membenarkannya dengan ini ? terima kasih 🙂

    Balas
    • Halo Sandy, kode errornya sama kah? Dicoba dulu ya mas. Kalau gagal nanti tambahkan pakai Windows apa dan Adobe Premiere versi berapa ya.

  7. min klo misal saya instal dn eror sperti itu….nah saya intal lostsaga nggk bisa juga..tpi nggk ada tulisan eror r6002. trus mocrosoft c+++ nya udh ane instal…apa yg hrs dilakukan ya?

    Balas
  8. min saya udh instal ulang microsoft visual nya dari 2005 sampe 2012 bahkan sampe 2015 nya juga tapi tetep g bisa mohon solusinya min 🙂 (aplikasi yg kena error runtime atlantica online)

    Balas

Tulis komentar...