Cara mengatasi “Windows could not start the Windows Audio service on local computer. Error 0x800706cc: The endpoint is a duplicate.”

Pagi ini tiba – tiba teman saya meminta tolong untuk memperbaiki komputernya, dari keluhannya tidak ada suara yang keluar dari Windows – apapun yang dilakukan. Icon speaker di system tray juga ada simbol silang merahnya, menandakan tidak ada perangkat audio atau software audio sedang mengalami masalah.

Saat mengecek icon speaker tersebut muncul pesan “One or more audio service isn’t running.”, langsung saja saya akses Windows Services untuk melihat apa masalahnya.

Dan memang benar service Windows Audio dalam keadaan mati (Stopped), dan saat berusaha dihidupkan malah muncul pesan error:

Windows could not start the Windows Audio service on local computer. Error 0x800706cc: The endpoint is a duplicate.

Khusus untuk AVG

Oooh… kenapa pula ini pikir saya, setelah saya berusaha mencari tahu dengan bertanya ke Google… ternyata ini bisa disebabkan program antivirus AVG 2014 atau 2015 yang menganggap aplikasi Windows Audio sebagai virus dan mengkarantinanya. Jadi kalau anda menggunakan AVG untuk mengamankan komputer anda maka ini solusinya.

Buka AVG, kemudian akses Options, klik pada Virus Vault. Nah… cari file – file yang berlokasi di C:\Windows\ dan pulihkan (restore) seluruhnya. Kalau AVG mengatakan bahwa file – file tersebut sudah ada dan diberikan opsi untuk menggantikannya (replace) maka pilih ya untuk menimpanya. Setelah itu restart komputer anda.

Kalau audio anda masih tidak berbunyi setelah melakukan hal diatas maka anda perlu menguninstall AVG (setelah mengembalikan file – file sistem Windows diatas tentunya) dan menggunakan antivirus gratis lainnya.

Masalah Windows Update

Dari membaca – baca ternyata error dengan kode ini bisa disebabkan oleh update Windows, cek Add/Remove Program di Windows dan cari Windows Update dengan kode berikut:

  • KB2995004
  • KB2993100
  • KB2990532
  • KB2979582
  • KB2975719

Bila ada maka hapus saja.

audiosrv korup atau rusak

Selanjutnya adalah cara umum untuk memperbaiki Windows Audio kalau ternyata kondisi anda berbeda dengan 2 solusi sebelumnya. Anda membutuhkan sistem operasi Windows lain yang masih sehat dan sama, jadi Windows 8 32-bit juga harus dengan Windows 8 32-bit.

Jalankan Registry Editor kemudian buka HKLM/system/current controlset/services/audiosrv, selanjutnya klik kanan dan pilih Export. simpanlah dalam USB Flashdisk dan kemudian buka file reg tersebut di komputer yang bermasalah kemudian klik Merge. Akhiri dengan restart Windows.

Terakhir kalau masih gagal juga mengatasinya maka tampaknya anda terpaksa menginstall ulang Windows, semoga saja tidak diperlukan.

3 pemikiran pada “Cara mengatasi “Windows could not start the Windows Audio service on local computer. Error 0x800706cc: The endpoint is a duplicate.””

Tulis komentar...