Cara mengatasi “The application failed to initialize properly (0xc0150004).” di Windows

Hari berganti masalah pun baru, kali ini saya akan membahas suatu error dengan pesan “The application failed to initialize properly (0xc0150004).” yang terjadi pada saat menjalankan program di Windows. Masalahnya tidak semua aplikasi mendapati error (0xc0150004) ini jadi harus mencoba satu per satu solusi yang ada.

Pesan error yang muncul:

“The application failed to initialize properly (0xc0150004). Click OK to terminate the application”

Seperti biasa Windows memberikan pesan kesalahan tapi tidak menampilkan informasi apapun mengenai errornya, hanya klik OK untuk menutup aplikasi. Ini mau menjalankan program kok malah disuruh menutup, ruwet sudah.

Menurut hasil penelusuran saya pesan error dengan kode 0xc0150004 disebabkan oleh rusaknya file MFC80.dll yang disertakan di Windows. Darimana asal file ini? Kalau anda pernah memperhatikan banyaknya program bernama Microsoft Visual C++ (tahun) Redistributable di daftar program yang terinstall, file MFC80.dll berasal dari salah satu versi Visual C++ Redistributable.

Cara menanganinya adalah dengan menginstall ulang file tersebut, file MFC80.dll yang diperlukan untuk memperbaiki error 0xc0150004 ini didapatkan dari Microsoft Visual C++ Post 2005 SP1 Redistributable. Ada 2 versi yang bisa didownload tergantung edisi Windows anda 32bit atau 64bit, pilih yang sesuai dengan sistem operasi Windows anda.

microsoft-visual-c- post-2005-SP1 -redistributable

Pilih yang bernama ENU didepannya, ini menandakan versi VC++ Redistributable itu adalah Inggris, yang lain bukan menggunakan bahasa Inggris dan bila anda mencarinya bahasa Indonesia tidak disediakan. Klik yang sesuai dengan bahasa dan jenis Windows anda dan akan muncul jendela persetujuan, klik I Agree untuk mendownloadnya.

microsoft-to-download-the-file-you-must-agree-the-following-license

Ukuran filenya kecil, kurang lebih 2.6 MB. Jalankan installernya, kemudian restart komputer anda dan niscaya permasalahan error dengan kode 0xc015004 ini akan hilang.

Sedikit informasi, file yang didownload ini adalah bertipe Hotfix, jadi gunanya untuk memperbaiki instalasi Microsoft Visual C++ 2005 sebelumnya.

Terakhir, saya tidak menjamin cara ini pasti mengatasi error 0xc0150004 di komputer anda. Setidaknya cara yang saya gunakan telah berhasil saat mencobanya, tapi tidak ada salahnya anda mencobanya bukan? Artikel ini tentu akan saya update kalau menemukan cara alternatif lainnya.

Satu pemikiran pada “Cara mengatasi “The application failed to initialize properly (0xc0150004).” di Windows”

Tulis komentar...