Cara mengatur ukuran gambar di WordPress

Setiap gambar atau foto yang anda upload di WordPress akan otomatis dibuatkan thumbnailnya, dan ini minimal adalah 3 jenis yaitu: miniatur (thumbnail), sedang (medium) dan besar (large). Potongan gambar ini akan digunakan pada daftar posting atau widget di sidebar, atau bisa juga didalam posting yang anda buat.

Kadang kita sendiri tidak memerlukan gambar ukuran asli yang bisa ribuan pixel resolusinya, selain ini bisa memenuhi layar juga ukuran filenya akan relatif lebih besar.

Bagaimana caranya? Silahkan akses Pengaturan (Settings) dan kemudian pilih Media.

wordpress-menu-pengaturan

Anda akan mendapatkan pengaturan untuk ukuran gambar, silahkan anda ubah menjadi sesuai keinginan anda. Jadi nanti setiap gambar yang anda upload akan dibuatkan beberapa versinya dalam berbagai macam ukuran, yang kita lakukan disini adalah mengubah ukuran defaultnya.

wordpress-ukuran-gambar

Saya sendiri maksimal menggunakan ukuran 640×640 untuk gambar ukuran sedang yang disisipkan didalam artikel dan dioptimasikan otomatis ukurannya menggunakan WP Smush.it. Jadi file gambar aslinya akan selalu ada tapi sangat jarang saya pakai langsung didalam blog karena ukuran yang lebih kecil adalah paling efisien.

Oh ya kalau ingin gambar thumbnail di WordPress tidak terpotong sehingga sesuai aslinya maka hilangkan centang pada “Pangkas miniatur ke dimensi yang sama (biasanya miniatur bersifat proporsional)”.

5 pemikiran pada “Cara mengatur ukuran gambar di WordPress”

    • Betul mas Riadi, defaultnya WordPress kurang cocok untuk jenis tampilan tertentu soalnya. Jadi perlu diatur ulang besar gambar yang disisipkan nantinya.

Tulis komentar...