Cara mengetahui Apps yang mengakses akun Twitter

Applications atau Apps adalah layanan pihak ketiga yang bisa mengintegrasikan dirinya sendiri kedalam akun Twitter anda. Apps sendiri biasanya berfungsi untuk menambahkan fitur yang tidak disediakan Twitter dan mungkin anda perlukan seperti menghapus Tweet secara massal, mengetahui siapa yang unfollow anda dan sebagainya.

Tapi dengan banyaknya jenis dan berbagai fungsi Apps ini bisa mengakibatkan konflik atau masalah bagi akun Twitter anda kalau tidak diawasi. Beberapa masalah seperti :

  • Tweet yang tidak muncul
  • Twitter tiba – tiba me-retweet sendiri tanpa sepengetahuan anda,
  • Profile twitter yang error.
  • Jumlah tweet yang tidak sama atau akurat.
  • Twitter mengirimkan Direct Message sendiri
  • Spam melalui Tweet atau Direct Message

Semua ini bisa jadi disebabkan oleh Apps yang anda gunakan dalam Twitter.

Sekarang bagaimana cara melihat Apps yang mengakses Twitter anda? Pertama akses dulu settings dari Twitter dan kemudian pilihlah Apps.

twitter-settings

Pada bagian Applications ini lihat Apps yang terpasang apakah ada yang anda rasa tidak pernah menginstallnya di Twitter? Kalau begitu hapus saja hak aksesnya dengan menekan tombol “Revoke Access”. Tombol “Undo revoke Access” akan muncul sesaat setelah mencabut hak akses Apps Twitter, ini digunakan untuk membatalkan keputusan anda untuk menghapus hak aksesnya.
twitter-applications-settings

Selanjutnya lebih perhatikan Apps yang anda beri hak akses Write atau menulis, Apps dengan kemampuan ini akan mampu menggunakan Twitter secara otomatis tanpa anda mengetahuinya. Kalau yang memiliki hak akses Read atau baca hanya mampu mengetahui konten Twitter anda tanpa bisa memanipulasinya. Jadi kalau Twitter anda berlaku aneh kemungkinan besar Apps dengan kedua kemampuan Read dan Write adalah penyebabnya.

Saran saya harap anda lebih berhati – hati dalam memilih Apps yang tepat untuk akun Twitter anda, karena beberapa jenis Apps Twitter bisa menghapus seluruh Tweet dan membajak akun Twitter anda. Kalau sampai seluruh tweet, dirct message, follower dan following anda terhapus maka tidak akan bisa dikembalikan. Lebih baik anda mencari review Appsnya terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakannya.

Applications atau Apps adalah layanan pihak ketiga yang bisa mengintegrasikan dirinya sendiri kedalam akun Twitter anda. Apps sendiri biasanya berfungsi untuk menambahkan fitur yang tidak disediakan Twitter dan mungkin anda perlukan seperti menghapus Tweet secara massal, mengetahui siapa yang unfollow anda dan sebagainya. Kalau sudah terlalu parah sampai data akun Twitter anda rusak, maka jalan satu – satunya adalah anda terpaksa menghubungi support Twitter dan mengharapkan hasil yang terbaik.

14 pemikiran pada “Cara mengetahui Apps yang mengakses akun Twitter”

    • Halo mbak Aulia, karena sudah yakin menghapus semua akses apps yang tidak dikenal dan masih Twitter retweet sendiri tampaknya ini berasal dari apps yang menurut mbak Aulia masih digunakan atau penting. Saran saya sekalian saja revoke semua apps yang terdaftar di Twitter anda.

  1. saya sudah revoke tapi yg yang yg revoke itu twitter for blackberry. jadi BB saya tdk bisa digunakan utk twitter. saya ingin mengaktifkannnya lagi. bagaimana caranya y? makasih

    Balas
    • Halo Melisa,

      Ya… kalau kena revoke memang aplikasinya tidak akan terhubung lagi, jadi ini maksudnya Twitter di BlackBerry sudah tidak bisa digunakan? Hm… dicoba dulu ya mbak salah satu:

      1. Jalankan appsnya seperti biasa, semestinya akan muncul permintaan akses kembali ke Twitter.
      2. Bersihkan data dari apps Twitter, mungkin ada yang nyangkut sehingga masih dianggap memiliki akses ke akun.
      3. Hapus aplikasi Twitter dan kemudian install ulang.

      Masalah ini cuma bisa diatasi dari perangkat BB anda mbak karena yang meminta akses dari appsnya, kalau melalui Twitter versi webnya tidak bisa.

    • Selamat pagi Dhea, tinggal dimasukkan kembali hak aksesnya ke Twitter. Sudah coba diaktifkan lagi di Instagramnnya?

  2. Saya beli akun twitter dari orang. Tweet awal beli 48k+ tapi hari ke hari tweet saya malah berkurang dgn sendiri nya. Padahal saya sudah revoke semua apps yg ada. Itu bagaimana ya? Berkurangnya sgt drastis

    Balas
  3. Saya mau nyambungin dari ask.fm ke twitter tapi kok di pemberitahuan udah ada akun yang terhubung ke twitter ya gan? Waktu saya revoke tapi kembali lagi nggak bisa terhubung karna udh ada yang terhubung ke twitter. Solusinya gimana? Makasih

    Balas

Tulis komentar...