Cara mengetahui Apps yang mengakses akun Facebook

Banyaknya layanan website, game atau Apps yang mendukung Facebook untuk login selain mempermudah anda dalam mengaksesnya juga mempercepat proses penggunaannya tanpa perlu ribet mengingat username dan password. Tapi dibalik kemudahan ini kadang website, Apps, atau game yang anda berikan hak akses akun Facebook ada kemungkinan bisa menyalahgunakannya.

Kalau anda merasa ada keanehan pada perilaku yang terjadi di akun Facebook anda baik seperti otomatis posting status, menuliskan pesan di wall seseorang tanpa seijin anda, melakukan tag teman tanpa anda tahu, mengajak teman anda mencoba aplikasi tertentu, pembajakan akun Facebook dan masih banyak lagi. Bisa jadi ini disebabkan oleh Apps yang terpasang di akun Facebook anda, segera lihat daftar Apps yang terdaftar dalam Facebook anda dan seleksi yang memang anda gunakan.

Cara melihat Apps yang terpasang di Facebook

Pertama kita akan melihat dulu apa saja Apps yang sudah memiliki akses ke akun Facebook anda, silahkan lihat dibagian kiri agak bawah dan pada bagian APPS pilih App Center.
facebook-apps
Perhatikan kembali di bagian kiri bawah dan temukan menu Your Apps, klik link tersebut.

facebook-app-center

Anda bisa melihat seluruh Apps yang terhubung ke akun Facebook anda disini.
facebook-your-apps

Sekarang coba perhatikan apakah ada yang asing atau anda rasa tidak pernah gunakan, kalau ada lebih baik hapus saja hak aksesnya dari Facebook anda. Ini mencegah penyalahgunaan dan masalah nantinya yang bisa terjadi pada akun Facebook anda.

Cara menghapus Apps dari akun Facebook

Anda telah melakukan seleksi dan menentukan ada beberapa Apps yang perlu dihapus hak aksesnya dari akun Facebook anda. Bagaimana caranya menghapus Apps ini dari Facebook? Saya akan mencontohkan menghapus Apps untuk WhatsApp Translation, arahkan kursor ke Settings dari WhatsApp Translation disini. Oh ya perhatikan juga tanggal yang tertera, ini menandakan kapan App tersebut aktif di akun Facebook anda.

facebook-selected-app

Kemudian klik link Settings tersebut, selanjutnya carilah tulisan Remove App dan klik link tersebut.

facebook-selected-app-settings

Anda akan mendapati halaman konfirmasi penghapusan App dari akun Facebook anda. Saya sarankan beri centang juga pada opsi “Delete all your WhatsApp Translation activity on Facebook”, ini digunakan untuk menghapus seluruh aktivitas yang pernah dilakukan App ini di akun Facebook anda. Nama App “whatsApp Translation” bisa digantikan dengan nama App yang anda hapus. Setelah yakin silahkan klik tombol Remove untuk menghapus App tersebut.

facebook-selected-app-removal

Sekarang anda tidak akan diganggu kembali oleh App yang nakal tersebut, proses penghapusan App mungkin perlu anda lakukan berulang kali sampai anda benar – benar yakin tidak ada lagi yang membajak akun Facebook anda untuk hal – hal yang baik. Kalau anda mengalami masalah serupa di Twitter lebih baik anda juga menyeleksi Apps yang mengakses akun Twitter anda.

Tulis komentar...