Cara mengetahui class SD Card anda

Anda sudah membeli microSD Card untuk handphone, tablet atau kamera digital anda tapi tidak tahu class berapa spesifikasinya? Hal ini saya amati dari teman – teman saya yang membeli kartu SD hanya berdasarkan kapasitasnya tanpa memperhatikan kelasnya. Ya memang tergantung kebutuhan anda tapi kalau membutuhkan yang terbaik maka semakin tinggi akan semakin bagus.

Jika bungkus SD card yang anda beli sudah dibuang dan anda ingin tahu berapa class dari media penyimpanan tersebut maka caranya mudah kok. Cuma kita harus teliti saja nanti saat mengeceknya.

2 buah microSD Card Sandisk berukuran 8GB class 4 dan 10
2 buah microSD Card Sandisk berukuran 8GB class 4 dan 10

Jadi lepaskan saja kartu SD yang sudah terpasang dan cari lingkaran kecil berisikan angka, nah angka ini yang melambangkan classnya. Kalau anda belum tahu apa makna atau arti dari angka tersebut bisa membaca pembahasan saya sebelumnya mengenai fungsi class pada (micro)SD Card. Ini cara secara manual sih solusinya, anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi untuk ponsel anda kalau tidak ingin membongkarnya.

Yang pasti kalau mengenai kualitas rata – rata sama saja, asalkan tidak terkena panas, jatuh atau magnet maka aman – aman saja.

Semoga bermanfaat. 😉

Tulis komentar...