Cara mengetahui informasi dan statistik dari link pendek bitly

Saat anda menemui sebuah link yang dipendekkan dengan layanan bitly apakah ada rasa penasaran sudah berapa banyak orang yang mengklik link tersebut? Ternyata ada cara yang sangat mudah untuk mengetahuinya, bahkan dengan bonus statistik untuk url tersebut.

Caranya sangatlah mudah untuk mengakses informasi dan statistik dari sebuah link yang menggunakan bit.ly, yaitu cukup menambahkan simbol “+” di akhir url bitly. Jadi misal link bitly-nya adalah https://bitly.com/1f19zn8 maka ubah menjadi https://bitly.com/1f19zn8+.

bit-ly-plussed-url

Anda akan dibawa ke halaman web yang berisi informasi dan statistik yang diketahui terhadap link bit.ly tersebut. Informasi secara umum seperti url tujuan, tanggal pembuatan, QR Code dan berapa kali link tersebut diklik akan tampil di bagian paling atas.

bit-ly-link-info-stats-overview

Statistik distribusi klik dapat dilihat pada bagian “Clicks”, anda dapat dengan mudah memahaminya karena ditampilkan dalam bentuk grafik.

bit-ly-link-info-stats-clicks

Ingin tahu link tersebut dibagikan dimana saja? Berapa kali dishare di Facebook dan Twitter? Semuanya dapat dengan mudah diketahui dengan melihat bagian “Where This bitly Link Was Shared”

bit-ly-link-info-stats-shared

Lokasi negara asal pengunjung link tersebut bisa anda lihat pada bagian “Geographic Distribution of Clicks”, lengkap dengan peta dunianya dan warna yang melambangkan rasio negara pengunjung.

bit-ly-link-info-stats-geographics

Dengan cara ini anda dapat dengan mudah melacak link bitly dan mendapatkan informasi lengkap mengenai link tersebut. Tambahan informasi bahwa layanan bitly menggunakan domain bitly.com, bit.ly, dan j.mp untuk memperpendek url. Cara untuk melihat informasi dan statistiknya sama persis dengan yang dibahas di artikel ini, yaitu dengan menambahkan tanda “+” di akhir url.

Satu pemikiran pada “Cara mengetahui informasi dan statistik dari link pendek bitly”

Tulis komentar...