Cara mengetahui ada yang melakukan Hotlink file anda

Bagaimana cara mengetahui bila ada orang yang melakukan direct link atau hotlink ke file anda seperti gambar, video dan lagu tanpa ijin? Bila anda menggunakan web hosting dengan cPanel maka ikuti cara – cara berikut.

Sungguh mengesalkan bila ada orang yang melakukan hotlinking ke file di hosting web anda bukan? Sudah tidak ikut membayar jasa webhosting tapi saat melihat penggunaan kuota bandwitdh ternyata ikut menghabiskan bandwidth dan tidak bisa dianggap sepele lagi. Apa cara yang dilakukan untuk mengetahui ada pihak yang menggunakan sumber daya hosting anda tanpa ijin? Mari kita simak langkah – langkah berikut.

Mengetahui adanya hotlink dengan Awstats

Seperti yang saya jelaskan sebelumkan, Awstats merupakan aplikasi statistik dan analisa serba bisa dan tidak kalah dengan layanan website lain. Kalau anda menggunakan cPanel maka anda tidak perlu melakukan apapun untuk Awstats bekerja, cukup buka Awstats di cPanel.

awstats-summary

Sekarang dari mana kita tahu ada indikasi hotlink ke file di hosting web kita? Cari bagian “Connect to site from” dan lihat pada sub-bagian “Links from an external page (other web sites except search engines) – Full list”. Klik Full list untuk mempermudah website mana saja yang terhubung ke website kita.

awstats-connect-to-the-site-from

Lihat website yang dimunculkan satu per satu dan kunjungi link asalnya apabila alamatnya terasa asing bagi anda.

awstats-links-from-an-external-page

Hits yang ditampilkan juga bisa sebagai ciri – ciri hotlink ke file anda, bila ada beberapa gambar dihotlink dalam satu halaman maka jumlah hits akan lebih besar.

Mengetahui adanya hotlink dengan membaca Log

Cara kedua lebih akurat tapi lebih repot, yaitu dengan membaca “Access Logs” dari website kita. Kenapa lebih repot? Anda akan mengetahui nanti. Sekarang untuk membuka access log (catatan akses) website anda buka dulu cPanel dan pindahn ke bagian Logs. Klik Raw Access Logs.

cpanel-logs

Anda akan mendapat pilihan mendownload file log dari website anda dibagi per domain. Pilih domain yang anda ingin ketahui catatan aksesnya. Hasil download akan diarsip dalam format .gz (GunZip), extract isinya dan buka dengan Notepad untuk membacanya. Saat anda pertama kali membukanya maka akan terasa bingung, mantra apa saja yang tercatat disini.

cpanel-download-current-raw-access-logs

Kata yang harus anda cari adalah instruksi GET untuk file anda dan diikuti dengan alamat web yang bukan dari domain website anda. Contohnya seperti potongan log berikut:
125.164.103.23 - - [07/Sep/2013:00:43:34 +0000] "GET /wp-content/uploads/2012/10/gambar-yang-dihotlink3.png HTTP/1.1" 200 4964 "http://contoh-hotlinker.blogspot.com/2012/11/cara-menonaktifkan-hotlinker.html" "Mozilla/5.0 (Windows NT 6.1; rv:23.0) Gecko/20100101

raw-access-logs-text

Membuat script filter hotlink di Awstats

Cara ketiga ini untuk membantu anda melihat file mana dan dimana link file tersebut di hotlink, ini membutuhkan anda untuk menambahkan potongan kode ke konfigurasi Awstats. Untuk melakukannya pindah ke bagian Files di cPanel, dan klik File Manager.

cpanel-files

Akan muncul jendela yang menanyakan anda ingin masuk ke bagian mana, pilih Home Directory.

cpanel-file-manager-directory-selection

Setelah File Manager terbuka, navigasikan ke direktori tmp.

file-manager-home-directory

Didalamnya pilih direktori awstats.

file-manager-tmp-directory

Pilih file dengan nama seperti awstats.nama-domain-anda.com.conf, kemudian klik Edit pada toolbar.

file-manager-awstats-domain-configuration

Akan muncul jendela menanyakan apakah anda benar – benar ingin memodifikasi konfigurasi Awstats dengan Text Editor, silahkan klik tombol Edit untuk melanjutkan.

file-manager-text-editor

Cari “AllowToUpdateStatsFromBrowser” dan ubah nilainya menjadi 1.

awstats-conf-allowupdatestatsfrombrowser

Geser ke bagian paling bawah dan tambahkan potongan kode berikut:
#
# Hotlink
#
ExtraSectionName1="Hotlinking pages"
ExtraSectionCodeFilter1="200 304"
ExtraSectionCondition1="URL,\.jpg$||URL,\.gif$||URL,\.png$||URL,\.bmp$||URL,\.jpeg$"
ExtraSectionFirstColumnTitle1="Referrer"
ExtraSectionFirstColumnValues1="REFERER,^(?!http:\/\/www.sitename.com)http:\/\/(.*)$"
ExtraSectionFirstColumnFormat1="<a href='http://%s' target='_blank'>%s</a>"
ExtraSectionStatTypes1=HBL
ExtraSectionAddSumRow1=1
MaxNbOfExtra1=25
MinHitExtra1=1

awstats-conf-add-hotlink-detection

Kode diatas akan melacak hotlink terhadap gambar di website anda dengan format JPG, JPEG, GIF, PNG dan BMP. Silahkan menambahkan bila ada format file lain yang tersedia di website anda yang patut diawasi. Klik Save Changes untuk menerapkan perubahan konfigurasi Awstats.

Bagaimana cara melihat file yang dihotlink di Awstats setelahnya? Kembali akses Awstats untuk website anda, kemudian geser ke bagian paling bawah. Anda akan menemukan bagian baru bernama Hotlinking pages.

Bila anda baru saja menambahkan kode deteksi hotlink maka kemungkinan besar akan masih kosong, silahkan tunggu beberapa lama untuk melihat apakah ada isinya di kemudian waktu. Anda nantinya bisa melihat asal alamat web, berapa kali diakses dan berapa bandwitdh yang dihabiskannya.

Misal sekarang anda sudah mengetahui ada yang melakukan hotlink ke file anda tanpa ijin, apa yang bisa dilakukan? Pertama tentu menghubungi si pemilik website tersebut secara baik – baik untuk menggantinya, bukan berarti gambar anda dipindah ke server dia – ini merupakan pelanggaran hak cipta kalau gambar tersebut buatan asli sendiri dan tanpa ijin disebarluaskan. Kalau tidak ada respon yang positif maka kita tingkatkan usaha kita dengan klaim DMCA, caranya adalah dengan mengirim email ke web hoster tempat website tersebut dihosting. Isinya tentu deskripsi karya cipta anda, alamat web asal tempat hasil kerja anda dapat ditemukan dan alamat web yang melanggar hak cipta anda. Bila si pemasang hotlink menggunakan blogspot maka ada cara yang lebih mudah, anda cukup mengisi formulir komplain DMCA milik Blogger.

Atau kalau tidak mau repot anda bisa mengaktifkan fitur perlindungan hotlink di cPanel, jadi seluruh link file yang diletakkan diluar website anda tidak akan dapat diakses.

2 pemikiran pada “Cara mengetahui ada yang melakukan Hotlink file anda”

Tulis komentar...