Cara mengganti bahasa di Android

Sebagian besar handphone Android yang dijual di Indonesia biasanya menggunakan bahasa Indonesia dalam tampilannya, ini memang targetnya adalah pasar dalam negeri sehingga bahasa yang dipakai adalah Indonesia. Tapi kadang istilah yang digunakan malah membingungkan penggunanya karena memakai kata – kata yang tidak umum dipakai dalam bahasa sehari – hari, apalagi tutorial untuk Android sendiri berdasarkan bahasa Inggris.

Bisa juga sebaliknya karena handphone atau tablet Android anda memakai bahasa Inggris malah membingungkan saat mencari setting tertentu karena sudah terbiasa memakai bahasa Indonesia. Apapun alasannya cara mengganti bahasa di Android sama mudahnya kok, tinggal ikuti saja langkah – langkah berikut.

Saya akan menjelaskan menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia dan didalam kurung adalah dalam bahasa Inggris. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, kalau milik anda berbeda versinya silahkan diadaptasikan caranya.

Jadi pertama silahkan buka Pengaturan (Settings) dan geser ke bagian Pribadi (Personal), anda akan menemukan Bahasa & masukan (Language & input), silahkan tap.

android-pengaturan-pribadi

Disini akan ada opsi Bahasa (language), silahkan tap saja dan akan muncul pilihan bahasa yang tersedia di Android anda.
android-pengaturan-bahasa-masukan

Setelah memilih bahasa mana yang aktif maka semua teks dalam sistem Android akan menggunakan bahasa yang dipilih. Selesai! 🙂

Tulis komentar...