Cara mengganti program default di Windows 7

Anda bisa mensetting asosiasi file satu per satu di Windows, tapi kalau yang ingin diubah banyak atau ingin menggunakan satu aplikasi untuk membuka semua format file yang didukung maka ada cara yang lebih cepat dan mudah. Di Windows 7 anda bisa menentukan program default untuk membuka beberapa jenis ekstensi file sekaligus.

Pertama anda silahkan buka Start Menu dan memilih Default Programs.

windows-7-start-menu

Kemudian pilih “Set your default programs”. Anda bisa membuka jendela ini melalui Control Panel juga.
windows-7-default-programs

Tunggu proses deteksi program dan format file yang didukungnya, ini bisa memakan waktu beberapa lama. Kalau sudah akan muncul daftar aplikasi, akan muncul informasi mengenai sudah menjadi default dari berapa jenis file dan berapa jumlah ekstensi file maksimal yang didukungnya. Contohnya adalah foobar2000 di komputer saya, akan muncul status “This program has 32 of 43 defaults”, yang berarti merupakan program default dari 32 jenis ekstensi file dari 43 yang bisa dimainkannya.
windows-7-set-default-programs

Untuk mengganti program default ke semua file yang didukungnya maka anda klik saja Set this program as default, ini mengakibatkan seluruh ekstensi file yang bisa dibuka olehnya akan diasosiasikan secara massal. Alternatifnya anda bisa menentukan satu per satu dengan memilih dari daftar ekstensi yang tersedia untuk program tersebut melalui Choose defaults for this program.

Kalau sudah klik saja OK untuk menerapkan perubahan konfigurasi program default dan asosiasi file yang anda ubah. Selesai!

Tulis komentar...