Cara mengganti wallpaper Windows dari command prompt

Mengganti wallpaper Windows adalah proses yang sangat mudah, tinggal klik kanan pada desktop dan pilih Personalize atau Properties tergantung versi Windows anda. Tapi bagaimana kalau anda ingin mengubahnya dari command prompt? Nah… anda bisa mengikuti panduan berikut untuk mengetahui caranya.

Sebenarnya yang akan kita manfaatkan adalah modifikasi registry Windows tapi untungnya bisa juga dijalankan dari command prompt. Dimisalkan kalau gambarnya berada di drive D dengan nama tembokkertas.bmp, maka perintahnya adalah: reg add "HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop" /v Wallpaper /t REG_SZ /d D:\tembokkertas.bmp /f dan tekan ENTER untuk mengeksekusinya. Perintah ini saya coba di Windows 7 tanpa ada masalah.
cmd-change-wallpaper-windows

Kalau wallpaper anda tidak langsung berubah maka selanjutnya adalah mengetikkan perintah berikut: RUNDLL32.EXE user32.dll,UpdatePerUserSystemParameters agar Windows memuat ulang datanya. Walaupun anda tidak menjalankan perintah ini juga tidak masalah, tinggal logoff dan login kembali, restart komputer atau saat menyalakan komputer selanjutnya akan berganti.

Oh ya, bila melalui metode cmd ini format gambar yang didukung adalah terbatas BMP dan tidak bisa yang lain. Jadi jangan bingung kalau gambar JPG, PNG, atau GIF anda kok tidak muncul setelah disetting.

2 pemikiran pada “Cara mengganti wallpaper Windows dari command prompt”

Tulis komentar...