Cara menggunakan proxy server di Internet Explorer

Tren blokir dan sensor website tertentu dari beberapa penyedia layanan koneksi Internet di Indonesia tampaknya akan menjadi standar di masa depan. Sehingga kalau anda ingin mengakses website yang diblokir anda harus mengeluarkan seribu satu cara untuk melewatinya, salah satu cara tersebut adalah terhubung ke internet menggunakan Proxy.
free-proxy-list

Sekarang anda telah berhasil mencari Proxy Server gratis, bagaimana cara menggunakan proxy di Internet Explorer? Silahkan ikuti panduan berikut untuk mengaktifkan penggunaan proxy server.

Menggunakan Proxy Server di Internet Explorer 9

Akses menu Tools yang berada di sebelah kanan atas Internet Explorer 9, atau anda bisa menekan tombol Alt+X untuk mengaksesnya.
internet-explorer-9-tools-menu

Ubah tab yang terlihat ke Connections.
internet-explorer-9-internet-options-connections

Klik pada tombol LAN settings. Untuk cara cepat menggunakan proxy di Internet Explorer isikan IP address dari proxy server yang anda temukan sebelumnya. Kemudian tekan OK untuk menerapkan penggunaan proxy server tersebut untuk koneksi internet anda.
internet-explorer-9-lan-settings

Beri centang pada Bypass proxy server for local addresses supaya Internet Explorer tidak menggunakan proxy server untuk terhubung ke alamat lokal jaringan anda.

Anda bisa mengatur secara detail penggunaan proxy untuk beberapa protokol komunikasi internet yang ada, klik tombol Advanced untuk mengatur alamat IP proxy server untuk setiap protokol dan port yang digunakan. Bila ada beberapa website yang tidak ingin anda kunjungi menggunakan proxy isikan bagian Exceptions dengan alamatnya dan bila ada lebih dari satu pisahkan dengan tanda titik koma (;). Klik OK untuk menerima perubahan proxy yang telah anda lakukan.
internet-explorer-9-proxy-settings

Sekarang Internet Explorer akan menggunakan proxy server untuk terhubung ke internet, silahkan coba dulu akses website yang sebelum ter blokir. Bila ada masalah mungkin terletak pada proxy server anda, sebaiknya cari lagi dan ganti ke proxy server yang lain.

Bila anda menggunakan proxy server di Internet Explorer maka seluruh koneksi internet anda akan melalui proxy server tersebut, jadi tidak terbatas pada browser Internet Explorer saja tapi aplikasi di Windows yang membutuhkan internet akan menggunakannya juga.

Tulis komentar...