Cara menggunakan SMTP server Google

Salah satu fitur menarik tapi masih belum banyak diketahui publik adalah dari setiap akun GMail atau Google Apps memiliki kemampuan menggunakan SMTP server milik Google untuk mengirimkan email secara gratis. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan email dari aplikasi lain atau website anda tanpa perlu takut surat elektronik anda tidak terkirim atau malah masuk spam. Jadi akan sangat berguna misal pada server hosting anda port 25 untuk Simple Mail Transfer Protocol diblokir.

gmail-logo

 

 

Cara menggunakan SMTP server Google ini sangatlah mudah, yang pasti anda harus punya akun dulu bisa di Gmail, Android, YouTube, pokoknya yang berhubungan langsung dengan Google maka akan otomatis memiliki akses ke semua fitur accountnya.

Setelah itu silahkan catat informasi SMTP Google berikut:

  • Alamat server SMTP: smtp.gmail.com
  • Username SMTP: Alamat email pada Gmail atau Google Apps (misal: [email protected] atau [email protected])
  • Password SMTP: Password untuk akun Gmail atau Google Apps.
  • Port SMTP: 465
  • Membutuhkan koneksi TLS/SSL ke SMTP: Ya

Harap anda ingat bahwa setiap email yang menggunakan SMTP server Google ini akan menggunakan alamat email yang dipakai untuk pengiriman. Ada juga batas penggunaannya yaitu sebanyak 99 email per harinya, jadi kalau anda gagal dalam proses pengiriman email setelah beberapa saat maka ada kemungkinan anda telah dilimit oleh servernya.

Tulis komentar...