Cara menghapus direktori dengan command prompt

Dari tutorial saya sebelumnya mengenai cara menghapus file lewat cmd ada salah satu pembaca yang menanyakan lewat email bagaimana kalau menghapus folder karena cara yang saya tuliskan tidak bisa digunakan. Nah… di command prompt memang untuk menghapus folder atau direktori memang membutuhkan perintah khusus, ini sama dengan di Windows dan Linux.

Silahkan anda jalankan dahulu command prompt (Start Menu > Accessories > Command Prompt). Sebelumnya catat dulu lokasi folder yang akan dihapus secara lengkap atau anda bisa memindahkan tempat aktif command prompt. Harap gambar dibawah anda jadikan referensi bagaimana cara menghapus direktori melalui cmd.
cmd-rmdir

Kalau sudah maka ketikkan perintah rmdir disusul nama foldernya, misal: rmdir utekno. Misal muncul pesan error “The directory is not empty.” maka ini menandakan bahwa folder tersebut tidaklah kosong dan ada isinya – ini bisa file atau folder lain.

Jika anda tetap ingin menghapusnya maka bisa menggunakan parameter /s, jadi lengkapnya: rmdir /s utekno. Dan akan muncul pesan konfirmasi “utekno, Are you sure (Y/N)?”, ketik y untuk menyetujuinya.

Terakhir apabila dalam nama folder terdapat spasi maka anda memerlukan tambahan parameter /q dan nama direktorinya diberi tanda kutip diawal juga diakhir, sehingga akan seperti berikut: rmdir /s /q “utekno spasi”.

Bila perintah RMDIR (Remove Directory) dirasa terlalu panjang maka ada aliasnya yang lebih pendek yaitu RD, cara pakainya sama persis.

Semoga membantu. 🙂

3 pemikiran pada “Cara menghapus direktori dengan command prompt”

Tulis komentar...