Cara menghilangkan @wifi.id dari modem Telkom Speedy

Kalau anda menggunakan layanan Telkom Speedy untuk koneksi internet anda maka pasti ditawarkan bundling dengan modem WiFi supaya bisa memakai jaringan hotspot di rumah. Dan saat anda mengaktifkannya maka pasti akan ada 2 jaringan WLAN yang muncul, yaitu nama SSID yang anda buat sendiri dan satunya adalah Speedy [email protected] atau menggunakan nama SSID lain yang diakhiri @wifi.id.

Efek negatif dengan aktifnya @wifi.id secara default dari modem bawaan Speedy adalah bisa ditumpanginya koneksi internet anda oleh orang asing, ini bisa berpengaruh pada kecepatan download dan tentu saja kalau orang itu melakukan kejahatan yang tercatat adalah alamat IP anda. Rugi kan? Walau kecil kemungkinan terjadinya tapi alangkah baiknya kalau dicegah terlebih dahulu daripada terlambat.

Nah… Bagaimana cara mematikan Speedy [email protected] ini? Anda membutuhkan akses telnet menuju alamat IP 192.168.1.1.

command-prompt-telnet-192-168-1-1

Catatan saja disini saya membicarakan modem WiFi dari Telkom Speedy dengan merek TP-LINK dan tipe TD-W8151N. Tipe lain seperti TD-8101G, TD-8817, dan TD-8951N adalah mirip. Sedangkan modem jenis lain seperti dari ZTE atau Huawei dari percobaan saya caranya tetap tidak berbeda.

Anda akan diminta memasukkan username dan password dari modem anda, kalau lupa anda bisa mencoba user dan pass defaultnya: admin dan admin. Setelah itu untuk menonaktifkan SSID tambahan ini ketikkan perintah rt setbssidnum 1.
telnet-tp-link-rt-setbssidnum-1
Selesai! Sekarang SSID yang aktif adalah nama jaringan hotspot yang anda buat sendiri.

49 pemikiran pada “Cara menghilangkan @wifi.id dari modem Telkom Speedy”

  1. gan kalo password telnetnya ga mau diinput gimana ya? saya sudah berhasil memasukkan username loginnya, tapi ketika saya enter dan akan memasukkan password, password tidak bisa di input. saya ketikkan apapun tapi tidak muncul apa – apa. lalu saya enter dan login gagal. begitu terus. mohon pencerahannya gan atas permasalahan saya

    • Halo Sahadhewa, memang tidak akan muncul apa – apa pada baris passwordnya walaupun anda ketik sepanjang apapun. Kursor hanya berkedip setiap kali anda mengetik. Isikan saja dengan passwordnya yang benar dan login seperti biasanya.

      Sistem pengisian password semacam ini (tidak ada indikator input) lazim digunakan di Linux.

    • masih tidak bisa gan. semacam saya jadi gabisa ngetik gitu. entah karena apa. sudah saya restart laptop masih belum bisa

    • Oh, masalahnya di modem anda kalau begitu. Boleh tahu apa merek dan modelnya? Siapa tahu ini adalah salah satu tipe modem bundling Telkom Speedy yang akses Telnetnya diblokir. Tampaknya harus diflash firmwarenya untuk bisa menggunakan Telnet.

    • Selamat siang Surya, metode mengaktifkan ulang wifi.id tergantung apa merek dan model modemnya mas. Bisa manual melalui telnet atau cuma dengan satu klik di administrasi modemnya. Juga apakah sudah terlanjur dihapus atau belum data mengenai @wifi.id dari modem tersebut, jadi bukan dimatikan saja.

      Tapi cara pastinya adalah dengan reset factory modemnya, dijamin akan muncul kembali seluruh SSID wifi.id-nya.

    • Sama, pake Modem Speedy ZTE ZXHN H108N, pakai telnet cuma minta password saja (tidak minta username), sudah coba admin, user, support dan theworldinyourhand, semua ga bisa. Gimana caranya mas?

    • Halo Alex, bisa dijelaskan ini yang tidak diketahui username dan passwordnya yang mana ya? Kalau untuk modem anda bisa mencoba admin untuk keduanya, atau alternatif lainnya.

      Misal yang dilupakan adalah username dan password Telkom Speedy maka mau tidak mau ya menghubungi 147 untuk mendapatkannya.

    • Halo Cipta, maksudnya di Smartfren ada fasilitas semacam @wifi.id? Bisa disebutkan apa merek dan model modemnya?

  2. sorry sob kalo misalkan dia minta password mulu, saya udah memasukan default password misal ‘admin’ sampai 4x terus bad password. solusinya gmn? padahal ga pernah gonta ganti password modem nya

    • Halo Anggi, boleh tahu apa merek dan tipe modemnya? Sudah coba username lain seperti:

      1. username: admin dan password: admin.
      2. username: user dan password: user.
      3. username: support dan password: support.
      4. username: support dan password: theworldinyourhand.
  3. saya setiap browsing selalu masuk ke portal speedy instan, cuma google yang bisa dimasukin,

    dan setelah menghilangkan SSID wifi id seperti cara diatas, masih juga setiap browsing masuknya ke portal login speedy instan

    bagaimana cara menghilangkanya ya?

    • Halo Andro, saya belum pernah menemukan kasus seperti anda sih. Cuma terpikir kalau SSIDnya yang bermasalah atau username dan password Speedy anda yang salah.

      Sudah coba mereset modemnya mas?

    • Gan. Ane juga ngalamin seperti andro. Dan saya sudh berkali2 hubungin teknis. Sudh seminggu teknisi tak kunjung datang. Mohon info nya gan. Atau mohon sms ke nomer saya nnti saya tlfn balk ke agan. Ini nomer saya 082114664443.

    • Halo Yogi, masalahnya saya belum pernah mengalami langsung mas. 🙁 Jadi agak bingung juga. Bisa jadi sistem Telkom salah mengenali perangkatnya apa dan dianggap langganan Speedy Instan. Sudah coba reset modemnya mas?

    • Halo, ketikkan perintah dibawah:
      rt setbssidnum 1|2|3|4

      Perintah diatas akan mengaktifkan empat SSID yang ada dalam modem anda. Kalau cuma dua ya angkanya 1 dan 2, biasanya untuk @wifi.id ada di SSID nomor 2.

  4. halo kang…sudah saya coba sesuai aturannya untuk mematikan WIFI.ID. tapi kenapa di command keluar kata ” lost connect …dst……… ” setelah saya menunggu “please wait system reboot”. ?? lalu bagaimana cara mengaktifkan kembali WIFI.ID nya ? mohon penjelasan detailnya kaang 😀 trims

    • Halo Ariswan, ini mau mematikan atau menghidupkan wifi.id mas? Haha… Kalau memang mau mengaktifkan coba perintah berikut:
      rt setbssidnum 1|2|3|4
      Kalau cuma ada 2 SSID hilangkan yang 3 dan 4.

  5. min mau nanya nih
    saya sudah memasukan paswordnya tapi saya salah terus sampe 4 kali terus tertulis di cmd Bad Pasword padahal says sudah memasukan pasword admin juga gak bisa terus saya masukan paswrod yg udah saya ganti tetep juga gak bisa
    solisunya dong minn

    • Halo Habibi, modemnya apa mas? Takutnya memang sudah diacak semuanya oleh Telkom jadi tidak ada cara mendapatkan passwordnya.

  6. Wah terima kasih mas, saya sudah berhasil menonaktifkan ssid telkom nya, saya nggak pakai komputer, tapi saya pakai smartphone aplikasinya telnet, download aja di playstore /app store .
    Sekali lagi terimakasih mas.

    • 🙁 Waduh.. mohon maaf mas, saya ga kepikiran solusi lainnya. Mungkin sebaiknya langsung kontak cs dan bikin jadwal kedatangan teknisinya untuk masalah ini.

Tulis komentar...