Cara mengirim pesan dalam jaringan menggunakan command prompt

Kemarin saya mendapatkan sebuah pertanyaan tentang bagaimana cara chatting antar komputer dalam jaringan lokal (LAN) kantor. Karena di kantor tidak diperbolehkan menginstall program sendiri dan apalagi tidak berhubungan dengan pekerjaan maka jelas kita harus mencari solusi yang ada pada Windows. Dan karena hal ini saya teringat semasa kuliah dulu sering bermain – main di laboratorium komputer kampus dalam mengirimkan pesan ke komputer lain yang digunakan teman saya.

Yang kita butuhkan cuma command prompt, dan cukup dengan menggunakan perintah net send disusul nama komputer dan selanjutnya pesan apa yang ingin disampaikan seperti gambar dibawah. Sayangnya memang tidak bisa menggunakan alamat IP sebagai tujuannya.

cmd-net-send

Nanti pada komputer tujuan akan muncul jendela aplikasi yang berisi teks yang anda ketikkan tadi. Dan supaya lawan bicara anda bisa membalasnya ya juga melewati perintah yang sama di command prompt juga. Memang agak repot karena tidak seperti program chat atau messenger yang bisa langsung berbincang – bincang tanpa putus alur komunikasinya.

Oh ya, kalau perintah net send tidak bisa digunakan ada kemungkinan Service Messenger di Windows dalam keadaan mati, silahkan diaktifkan supaya kembali normal.

Semoga bermanfaat. 🙂

26 pemikiran pada “Cara mengirim pesan dalam jaringan menggunakan command prompt”

    • Blokir perangkat maksudnya? Saya belum bikin tutorialnya spesifik untuk Fiber Home mas. Nanti akan saya buatkan.

Tulis komentar...