Cara mengubah direktori menggunakan command prompt

Ternyata dalam beberapa kali tips dan trik saya yang menggunakan perintah command prompt ada yang kesulitan mengikutinya, terutama dalam hal mengubah direktori atau berpindah folder aktif untuk menjalankan perintahnya. Jadi kali ini niat saya adalah mengenalkan perintah dasar di command prompt Windows dalam hal mengganti folder yang digunakan saat itu.

Di command prompt untuk berpindah menuju direktori lain kita memakai perintah cd (atau chdir juga) yang artinya adalah change directory. Sehingga fungsinya cukup jelas kalau berdasarkan namannya. 🙂

Bagaimana cara menggunakan perintah cd? Akan saya berikan beberapa contoh kasusnya berikut ini dan harap gambar dibawah pergunakan sebagai referensi.
cmd-cd

  • Untuk berpindah ke folder sebelumnya atau naik satu tingkat anda bisa mengetikkan perintah cd ..
  • Untuk langsung mengakses folder partisi maka ketikkan cd \
  • Sedangkan untuk mengubah ke folder tertentu isikan dengan cd disusul lokasi tujuannya, contohnya untuk membuka Program Files jalankan perintah: cd "C:\Program Files"
  • Ingin mengganti drive yang aktif digunakan? maka isikan saja huruf partisinya disusul tanda titik dua, misal mengakses drive D maka ketikkan perintah: D:

Mudah bukan? 😀

5 pemikiran pada “Cara mengubah direktori menggunakan command prompt”

Tulis komentar...