Cara mengubah port default uTorrent

Mungkin kecepatan download torrent anda sedang dibatasi atau malah diblokir, sebelum anda kebingungan mencari solusi ada baiknya cobalah mengubah port yang dipakai untuk koneksi uTorrent dan tentu saja sekalian diaktifkan enkripsinya.

Dengan mengganti port default dari uTorrent anda bisa melewati blokir sederhana yang biasanya dilakukan dengan melakukan filter melalui port yang digunakan.

Bagaimana cara mengganti default port uTorrent? Cukup mudah kok, pertama buka menu Options dan klik Preferences, cara cepatnya adalah dengan menekan tombol CTRL+P.
utorrent-options-toolbar

Kemudian klik opsi Connection, pada bagian Listening Port dan lebih spesifik lagi di Port used for incoming connections ganti dengan angka sesuka anda, saya sarankan dalam jarak 1-65536 atau kalau bingung klik saja Random Port.

utorrent-preferences-connection

Setelah itu restart aplikasinya untuk memastikan uTorrent menggunakan port yang baru. Pastikan tidak ada filter firewall yang menghalangi koneksi dengan angka port tidak wajar. Kalau anda tidak mau rutin mengganti port aktifnya maka beri centang pada “Randomize port each start” untuk menggunakan angka prt acak setiap kalau program uTorrent dijalankan.

Bila masih ada masalah mungkin sudah saatnya anda memakai seedbox, VPN atau proxy untuk mengatasinya. Khusus untuk proxy bisa disetting pada jendela preferences yang sama dengan diatas.

Tulis komentar...